PENERAPAN KARAKTER RELIGIUS UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK (Studi Kasus Klien "A" di Desa Meranti Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin)

Putri, Aulia (2022) PENERAPAN KARAKTER RELIGIUS UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK (Studi Kasus Klien "A" di Desa Meranti Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Karakter Religius Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Anak (Studi Kasus Klien “A” di Desa Meranti Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecanduan Game Onlineserta untuk mengetahui proses penerapan karakter religius dalam mengurangi kecanduan game online pada anak klien “A”. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu klien “A” yang mengalami kecanduan game online di Desa Meranti Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data), Kesimpulan (Verification) dan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gambaran kecanduan Game Online pada klien “A” yaitu merasa kurang puas selalu ingin bermain Game, bermain Game lebih dari 4 jam, merasa senang bermain game, perasaan tidak senang merasa murung, marah, merasa gelisah, tidak dapat mengendalikan diri, bertengkar dengan teman, saudara, orang tua, malas belajar, sosial berkurang. Penerapan karakter religius yang dilakukan adalah pendisiplinan shalat lima waktu dan mengaji di TPA selama 3 pekan yang di monitoring secara berkala 1 kali per pekan menggunakan lembar kendali. Perilaku kecanduan Game Online setelah pendisiplinan shalat lima waktu dan mengaji di TPA mengalami perubahan dalam aspek saliance tidak selalu ingin bermain game, aspek tolerance bermain game tidak lebih dari satu jam, aspek withdrawal tidak marah-marah jika tidak bermain game, aspek mood modification tidak menjadikan game online sebagai pelarian ketika mengalami kesulitan dan penenang diri ketika dimarah orang tuanya, aspek problems mulai belajar dan mengerjakan tugas sekolah serta sudah perlahan- lahan bersosial bermain dengan teman-temanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Satu klien 3 sumber pendukung
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Kecanduan Game Online
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: PUTRI AULIA 1810502013
Date Deposited: 17 May 2023 01:24
Last Modified: 17 May 2023 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item