Adopsi Anak sebagai alternatif pasangan infertil guna mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah studi di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas

Windy, Mahesa (2023) Adopsi Anak sebagai alternatif pasangan infertil guna mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah studi di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang Adopsi Anak Sebagai Alternatif Pasangan Infertil Guna Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah Studi Di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas. Kehadiran seorang anak di dalam rumah tangga sangatlah dinanti-nanti dan diharapkan bagi setiap keluarga. Namun tidak semua bisa merasakan mempunyai anak karena Infertilitas (tidak bisa mempunyai keturunan) sehingga bagi keluarga tersebut mengadopsi merupakan alternatifnya guna mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Pengaruh Mengadopsi Anak Terhadap Keharmonisan Pasangan Infertil dalam Rumah Tangga di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas dan Bagaimana Tinjauan Hukum Keluarga Islam Terhadap Adopsi Anak Sebagai Alternatif Pasangan Infertil di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris normatif atau penelitian studi lapangan (field research). Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Sedangkan sumber bahan primer yakni diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek penelitian. data sekunder yakni diperoleh dari kepustakaan seperti buku-buku, jurnal, hasil penelitian baik dari perpustakaan maupun dari media online yang berhubungan dengan adopsi anak. Hasil penelitian ini adalah. (1). Bahwa pengaruh mengadopsi anak terhadap keharmonisan pasangan infertil dalam rumah tangga di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas tidak berpengaruh karena tidak memenuhi indikator guna mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah dengan adanya adopsi hanya membuat pasangan infertil semangat dalam mencari nafkah dan memperkuat tali perkawinannya, (2). Di tinjau dari Hukum Keluarga Islam adopsi anak yang dilakukan masyarakat Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas sesuai dengan Hukum Islam tidak memutuskan nasab terhadap anak angkat yang tertera pada Q.S. Al-Ahzab ayat 4-5.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Adopsi, Pasangan Infertil, Keluarga Samawa
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: WINDY MAHESA 1930101140
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:52
Last Modified: 24 Jul 2023 02:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item