Pelayanan Publik Etik Pegawai Negeri Sipil

Cholidah Utama, Cholidah (2023) Pelayanan Publik Etik Pegawai Negeri Sipil. Noer Fikri Offset, Palembang. ISBN 978-623-178-093-5

[img]
Preview
Text
Buku Pelayananan Publik Etik PNS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat selalu menilai perilaku dan tindakan-tindakan PNS, karena yang sering dinilai oleh masyarakat adalah baik atau buruknya sistem pelayanan, apakah sudah sesuai dengan etika atau tidak. Masyarakat menilai siapa yang melayani, melayani dengan apa, dan bagaimana dilayani, kritikan masyarakat yang utama adalah sistem pelayanannya. Pelayanan publik yang memuaskan tentu saja membutuhkan komitmen yang energi yang besar dan kuat, sisi positif dari harapan masyarakat yang dilayani menunjukkan rasa percaya masyarakat itu sendiri terhadap pelayanan yang diberikan oleh PNS sebagai aparatur pemerintah. Disisi lain, persepsi kinerja PNS sebagai aparatur pemerintah didasarkan atas pengetahuan, keyakinan, dan penilaian publik terhadap organisasi publik itu sendiri secara nyata. Puas atau tidaknya masyarakat penerima layanan, bisa dilihat kualitas dari pemberi layanan. Faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan adalah Servqual (service quality), pendekatan berdasarkan perbandingan dua faktor utama, yaitu persepsi konsumen atas layanan nyata yang mereka terima dan layanan yang sesungguhnya diharapkan. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah mengenai penerapan pelayanan publik etik Pegawai Negeri Sipil. Penerapan pelayanan publik etik dalam jabatan publik sebagai pelaksanaan pelayanan publik haruslah menekankan pada sisi etika yang berdasarkan kemampuan (profesional), fasilitas fisik (penampilan) dan berprilaku baik, karena model pelayanan publik tersebut merupakan barometer dalam menentukan kualitas pelayanana publik. Key Word : Masyarakat, Pegawai Negeri Sipil, Pelayanan Publik Etik.

Item Type: Book
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: CHOLIDAH UTAMI 198102022011012004
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:08
Last Modified: 05 Jun 2023 02:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item View Item