Pertanggungjawaban Pidana Penerima Dana Ilegal Pada Bisnis Trading Online Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Terhadap Kasus Indra Kenz)

Rizki, Muhammad (2023) Pertanggungjawaban Pidana Penerima Dana Ilegal Pada Bisnis Trading Online Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Terhadap Kasus Indra Kenz). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Finally Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Finally Abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
Finally BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
Finally BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
Finally BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
Finally BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Finally Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi adalah teknologi yang dibangun dengan basis utama dari teknologi komputer. Pada perkembangan teknologi informasi ini menghasilkan pemikiran dalam melakukan bisnis secara mudah dan cepat untuk menghasilkan keuntungan yang besar, akan tetapi tidak semua bisnis yang dilakukan melalui teknologi informasi ini baik dan boleh untuk dilakukan. Seperti halnya bisnis Trading Online yang dipromosikan oleh sosok afiliator yaitu Indra Kenz pada aplikasi Binomo. Aplikasi Binomo adalah aplikasi yang berisikan Trading Online ilegal karena pada awalnya para trader diiming-imingkan dengan keuntungan yang besar dan instan sehingga membuat para trader tergiur, namun nyatanya itu hanyalah palsu bahkan para trader tidak mendapatkan modalnya seperti semula dan mendapatkan kerugian dari Trading ilegal tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Normatif, jenis data yang digunakan adalah data Kualitatif, dan sumber data yang digunakan adalah data Sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban pidana penerima dana ilegal pada bisnis Trading Online dan pertanggungjawabannya dalam perspektif hukum pidana islam. Pengumpulan data melalui peraturan perundang undangan, buku buku, jurnal jurnal dan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian penulis mengetahui hukuman pidana pertanggungjawaban bagi penerima dana ilegal yang diterima oleh Indra Kenz berupa hukuman pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 5 Miliar subsider 10 bulan, menurut hukum pidana islam termasuk kedalam jarimah ta’zir karena berupakan dari tindak kejahatan penipuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Trading, Binomo, Pertanggungjawaban, Indra Kenz
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: MUHAMMAD RIZKI 1920103036
Date Deposited: 31 May 2023 03:26
Last Modified: 31 May 2023 03:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27743

Actions (login required)

View Item View Item