PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MARFU’AH PALEMBANG

Lestari, Winda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MARFU’AH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran tematik kelas V di MI Marfu’ah Palembang. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 ini didasarkan karena kurangnya minat, semangat serta motivasi belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif serta masih minimnya pemanfaatan software pendukung yang dapat menciptakan media pembelajaran interaktif sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam proses pembelajaran di MI Marfu’ah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan memberikan angket kepada para ahli, peserta didik, dan guru mata pelajaran pada tahap pengembangan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A di MI Marfu’ah Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dikategorikan sangat valid dengan penilaian ahli media mencapai 98%, ahli materi mencapai 90%, dan ahli bahasa mencapai 82%. Pengembangan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 pada pembelajaran tematik kelas V di MI Marfu’ah Palembang dikategorikan sangat praktis dengan perolehan persentase angket respon pendidik mencapai 93,33%, dan angket respon peserta didik mencapai 97,95%. Hasil uji coba Pre-Test diperoleh jumlah sebesar 1960 dengan nilai rata-rata 59,39%, sedangkan hasil perolehan uji coba Post-Test diperoleh jumlah sebesar 3100 dengan nilai rata-rata 93,93 %. Maka dari hasil tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran tematik kelas V di MI Marfu’ah Palembang termasuk kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: WINDA LESTARI 1920201042
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:37
Last Modified: 05 Jun 2023 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27873

Actions (login required)

View Item View Item