PENERAPAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA DI SEKOLAH ALAM PALEMBANG (STUDI KASUS PADA KLIEN “B” DI SEKOLAH ALAM PALEMBANG)

Rohim, Muhammad Habibur (2022) PENERAPAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA DI SEKOLAH ALAM PALEMBANG (STUDI KASUS PADA KLIEN “B” DI SEKOLAH ALAM PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
FULL BAB HABIB LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada kehidupan manusia dalam prosesnya dimulai sejak lahir hingga dewasa dan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentangteknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada klien “B” di Sekolah Alam Palembang. Untuk mengetahui faktor penyebab komunikasi intrepersonal yang rendah pada klien “B” di Sekolah Alam Palembang, Untuk mengetahui teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada klien “B” di Sekolah Alam Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif atau penelitian lapangan subjek penelitian ini adalah klien “B” objeknya adalah teknik sosiodrama yang dilakukan oleh peneliti. Hasil peneitian tidak menjalin hubungan akrab dengan teman kelas, tidak membuka diri dengan lingkungan, hubungan individual tidak ada perkembangan, tidak bisa berkomunikasi dengan banyak orang, tidak mengenal teman-teman dikelasnya, tidak memahami perasaan dan fikiran dari lawan bicaranya serta tidak memahami setiap kata dan perilaku yang ditampilkan lawan bicaranya. ada beberapa faktor yang menjdi penyebab komunika interpersonal yang rendah pada subjek “B” diantaranya yaitu : (a) Tidak percaya diri karena ada pengalaman masa lalu yang buruk, (b) Jarang berkomunikasi scecara verbal, (c) Memiliki prasangka negative, (d) Jarang berbicara dan, (e) Terlalu sering komunikasi 1 arah dan perbedaan persepsi. Ada tiga tahapan dalam pelaksaan teknik sosiodrama diantaranya, tahap awal seperti pembukaan, peneliti mengucapkan salam, peneliti mengecek kehadiran para siswa, tahap pertengahan diantaranya konselor memperkenalkan teknik sosiodrama pada siswa, menetapkan masalah yang akan di bahas, konselor menjelaskan isi dari masalah-masalah dalam konteks cerita dan membagikan peran pada siswa, tahap akhir diantaranya memberi kesempatan kepada para siswa untuk berdiskusi beberapa menit sebelum mereka memainkan perannya, akhiri sosiodrama saat situasi klimaks, di buka tanya jawab dalam diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: sosiodram, komunikasi interpersonal
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: M. HABIBUR ROHIM 1655200065
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:33
Last Modified: 05 Jun 2023 02:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27892

Actions (login required)

View Item View Item