Veralestari, Desy (2016) EVALUASI KETERSEDIAAN KOLEKSI BERBASIS BAHAN AJAR KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAAN 2006 DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Desy Veralestari_AdabIlmPerp.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana fasilitas penyelenggaraan pendidikan, sehingga setiap sekolah memiliki perustakaan yang memadai dan memiliki komponen pendidikan terpenting. Namun perpustakaan sekolah harus senantiasa menyediakan, menjaga, dan melestarikan bahan pustaka agar terhindar dari kerusakan. Perpustakaan sekolah akan memenuhi fungsinya dengan baik bila jenis dan mutu koleksinya disediakan oleh perpustakaan baik pula.penelitian ini meneliti tentang “Evaluasi Ketersediaan Koleksi Berbasis Bahan Ajar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 di SMA Negeri 1 Tanjung Raja”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi koleksi bahan ajar berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006, kendala apa saja yang di hadapi perpustakaan dan solusi apa yang menjadi kendala tersebut. Dalam peneitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian. Data primer yang didapatkan secara langsung yaitu data OPAC yang ada dikomputer. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan dari sumber-sumber yang telah ada berupa data yang dieroleh dari buku-buku, jurnal, maupun literature yang berhubungan dengan penelitian.data sekunder yang bersifat menunjang dalam penelitian ini seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendukung dan memperkuat data. Analisis data yang dilakukan untuk mengukur dan menganalisis data adalah menggunakan data Reduksi, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan yang Pertama: ketersediaan koleksi di perpustakan SMA Negeri 1 Tanjung Raja sudah memenuhi kriteria-kriteria, jenis koleksi perpustakaan yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan jumlah bahan ajar yang tersedia sebanyak 74 judul. Secara fisik jenis koleksi yang diperlukan untuk suatu perpustakaan sekolah dikelompokan kedalam buku dan non buku. Kedua: kendala dan solusi yang dilakukan dalam mengatas ketersediaan koleksi yaitu disebabkan kurangnya sumber daya manusia, kurangnya ketersediaan koleksi. Solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala yaitu penambahan petugas perpustakan yang ahli dibidang perpustakaan, penmabahan koleksi dengan cara pembelian bahan pustaka melalui toko buku atau bekerja sama dengan perpustakaan lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Ketersediaan Koleksi, data OPAC, Kurikulum. |
Subjects: | ?? Z665 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 08:56 |
Last Modified: | 18 Apr 2016 08:56 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
View Item |