Azwar, Hadi and Romli, Romli and Fajri, Ismail and Karoma, Karoma (2022) EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PELATIHAN BAITUL ARQAM DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SMA MUHAMMADIYAH DI KOTA PALEMBANG. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (02). ISSN 2614-4018
|
Text
3687-8319-1-PB.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai model pembinaan kompetensi kepribadian guru melalui pelatihan Baitul Arqam. Kajian dalam penelitian ini adalah mengevaluasi pelatihan Baitul Arqam untuk dijadikan model pembinaan kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang. Dalam melakukan evaluasi pelatihan Baitul Arqam digunakan model evaluasi Kirkpatrick dengan istilah for levels evaluation model yaitu level 1 reaction, level 2 learning, level 3 behavior dan leval 4 result. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan level 4 result (Hasil), karena peneliti akan menganalisis sejauh mana evalusi tahap dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi kepribadian guru di SMA Muhammadiyah di Kota Palembang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi Metode penelitian menggunakan metode mixed methods yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner interview dan observasi. Data diambil dari 2 SMA Muhammadiyah yaitu SMA Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, evaluasi dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang menunjukkan hasil yang baik sekali dengan nilai rata-rata 4, 54. Artinya pelatihan memberikan dampak positif kepada peserta diklat dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan |
Depositing User: | Fajri Ismail - |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:12 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 04:12 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27938 |
Actions (login required)
View Item |