PERAN PAGUYUBAN RELAWAN BANYUASIN DALAM MENANGGULANGI PRA BENCANA ALAM DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

Hendardi, Yudi (2023) PERAN PAGUYUBAN RELAWAN BANYUASIN DALAM MENANGGULANGI PRA BENCANA ALAM DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1 - 5 YUDI HENDARDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak mampu hidup tanpa peran orang lain. Manusia cenderung hidup berkelompok yang senantiasa berinterasksi dan bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan tersebut dinamakan proses sosial, proses sosial yaitu setiap interaksi sosial yang berlangsung dalam suatu jangka waktu, sedemikian rupa hingga menunjukkan pola – pola pengulangan hubungan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuannya untuk saling memenuhi kebutuhan yang beragam jenisnya, karena tidak mungkin setiap individu dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dengan sempurna tanpa bantuan orang lain. Keadaan yang membutuhkan banyak peran orang lain disebabkan oleh bencana alam. Baik bencana alam bersifat skala kecil maupun bencana alam bersifat besar. Maka munculah sebuah ikatan ketergantungan antar masyarakat. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode ini akan digunakan untuk memahami dan meneliti Peran Peguyuban Relawan Banyuasin dalam menanggulangi Bencana Alam di Provinsi Sumatera Selatan.bahwa Peran dari segi pendidikan Paguyuban Relawan Banyuasin meliputi Pra Bencana alam adalah : Pelatihan Pertolongan Pertama, Pelatihan Media dan Pelatihan Tanggap Darurat Bencana yang mana semua peran ini digunakan dan memfokuskan dalam pembelajaran bagi anggota Paguyuban Relawan Banyuasin. Sedangkan Pasca Bencananya adalah meliputi : Melakukan Pendampingan bagi korban bencana alam untuk memberikan semangat dan motivasi, dan melakukan Pendistribusi Bantuan untuk meringankan korban bencana alam, serta melakukan pengumpulan atau penggalangan dana dari masyarakat umum melalui sistem offline adan online agar bantuan untuk korban bencana alam dapat termaksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran, Paguyuban, Bencana Alam.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > Masalah-masalah sosial dan kesejahteraan sosial
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > Masalah-masalah kesejahteraan sosial
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yudi Hendardi -
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:06
Last Modified: 09 Jun 2023 08:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28105

Actions (login required)

View Item View Item