Putri, Indri Sunaryo (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI MI AL-AWWAL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
COVER.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Eduction (RME) di kelas eksperimen pada mata pelajaran matematika, (2) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik tanpa menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) di kelas kontrol pada mata pelajaran matematika, (3) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) di kelas eksperimen pada mata pelajaran matematika, (4) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik sesudah menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) di kelas eksperimen pada mata pelajaran matematika, (5) Adakah pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika di kelas eksperimen pada mata pelajaran matematika. Jenis peneltian ini adalah peneltian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini diuji dengan uji validitas, uji realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berpedoman pada RPP dengan bantuan media kue dan lidi, menyelesaikan permasalahan matematika terutama pada materi pecahan dengan berdiskusi bersama. (2) Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pretest di kelas kontrol dengan peresentase 17,2% Kemudian dilakukan posttest di kelas kontrol yang diperoleh hasil belajar peserta didik hanya mengalami sedikit peningkatan dengan persentase 31%. (3) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) di kelas eksperimen mata pelajaran matematika, yaitu dengan persentase 13% yang memenuhi KKM dan peserta didik yang tidak memenuhi KKM dengan persentase 86,8%. (4) Hasil posttest atau sesudah diterapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) di kelas eksperimen mata pelajaran matematika masuk dalam kriteria memenuhi ketuntasan dengan persentase 65,2% yang memenuhi KKM. Sedangkan termasuk dalam kriteria tidak memenuhi ketuntasan dengan presantase 34,6% yang tidak memenuhi KKM. (5) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T dengan rumus independent simple t-test menunjukkan bahwa Ha diterima karena nilai sig < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | INDRI SUNARYO PUTRI 1920201061 |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:11 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28293 |
Actions (login required)
View Item |