IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN ANAK DISABILITAS PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) PALEMBANG)

Ariyani, Okta (2023) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN ANAK DISABILITAS PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dimana masih maraknya kasus yang bersangkutan dengan anak disabilitas dan sedikitnya upaya untuk melindungi anak disabilitas tersebut. Hal ini terjadi karena masih kurang terpenuhinya hak-hak anak disabilitas. Salah satu lembaga berbasis pendidikan yang menaungi anak-anak disabilitas untuk bersekolah dan sebagai tempat rehabilitasi agar mereka mendapatkan hak-haknya yaitu Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang. Penelitian ini berjenis penelitian hukum normatif-empiris. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer, sumber data sekunder, sumber data tersier. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan pertama, implementasi perlindungan anak disabilitas di YPAC Palembang telah terlaksana dengan baik melalui pemenuhan hak-hak anak disabilitas diantaranya hak mendapatkan perlindungan khusus dari diskriminasi, penelantaran, pelecehan, eksploitasi, serta kejahatan dan kekerasan sosial, hak mendapatkan perawatan dan pengasuhan, dilindungi kepentingannya, diperlakukan sama dan secara manusiawi, dipenuhi kebutuhan khususnya, mendapatkan pendidikan dan pengajaran, rehabilitasi, dan mendapatkan bantuan sosial. Sedangkan hak yang belum terpenuhi antara lain hak mendapatkan pendampingan sosial. Kedua, berdasarkan perspektif hukum Islam, implementasi perlindungan anak disabilitas di YPAC Palembang sudah sesuai dan tidak bertentangan dengan ajaran Hukum Islam, yang memiliki tujuan untuk kemaslahatan anak disabilitas dan juga keluarganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan; Anak Disabilitas; Hukum Islam
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum sosial
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: OKTA ARIYANI 1820101072
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:09
Last Modified: 14 Jun 2023 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28321

Actions (login required)

View Item View Item