ANALISIS SWOT ISLAMIC MARKETING PADA USAHA KAIN TENUN SONGKET DI KOTA PALEMBANG

MAYA, Maya (2023) ANALISIS SWOT ISLAMIC MARKETING PADA USAHA KAIN TENUN SONGKET DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian skripsi ini bermula dari usaha songket yang memasarkan produknya dari segi harga tergolong rendah, namun peminatnya hanya sedikit. Adapun usaha songket yang melakukan promosi secara terus menerus konsumennya belum ada peningkatan. Kemudian pada usaha songket lain, dilihat melaui harga yang ditawarkan lebih tinggi tetapi tetap diminati oleh konsumen. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis SWOT pemasaran Islam (Islamic marketing) pada usaha kain tenun songket di kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan deskriftif kualitatif menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) strategi pemasaran usaha songket di kota Palembang menerapkan bauran pemasaran seperti produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), sumber daya manusia (people), proses (process), bukti fisik (physical evidence), janji (promise), sabar (patient), mengutamakan kebutuhan konsumen (costumer centric). 2) usaha songket Palembang menerapkan empat karakteristik pemasaran Islam menurut kajian tokoh Islam Hermawan Kertajaya dan Muhammad syakir Sula yakni rabbaniyah (spriritual atau ketuhanan), ahlaqiyyah (etis), al-waqi’iyyah (realistis), dan insaniyyah (humanistik). 3) Dalam penerapan analisis SWOT usaha kain tenun songket dari segi kekuatan (strength) memiliki produk yang berkualitas terjamin, harga lebih kompetitif dari pesaing, distribusi terhindar dari dzalim, promosi melalui internet dan media sosial. Kelemahan (weakness) seperi kapasitas produksi terbatas, promosi yang dilakukan belum maksimal, dan pemasaran terbatas. Peluang (opportunities) berupa daya beli masyarakat cenderung konsumtif, tumbuhnya tingkat perekonomian masyarakat, tingginya permintaan produk. Serta ancaman (threats) berupa inflasi, munculnya produk sejenis terbuat dari mesin, dan strategi bisnis yang mudah ditiru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Pemasaran Islam, dan SWOT.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Filsafat dan Teori Ekonomi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MAYA 1820602114
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:23
Last Modified: 15 Jun 2023 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28371

Actions (login required)

View Item View Item