Athallah, Muhammad Alif Abel (2023) Pesan yang Terkandung di Acara “Kampungku” Pada TVRI Sumsel (Studi Kasus Citra Kota Palembang dalam City Branding). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
Muhammad Alif Abel Athallah 1930701041.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pentingnya sebuah citra dapat mengubah pandangan seseorang terhadap lingkungannya. Adanya program acara “Kampungku” merupakan wujud kepedulian TVRI Sumsel untuk mengangkat potensi, budaya atau hasil kreatif masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana produksi pesan yang terkandung di acara “kampungku” pada TVRI Sumsel. Penelitian ini menggunakan model goals-plans-action yang berfokus pada proses mempengaruhi seseorang melalui beberapa proses tahapan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah penanggung jawab dan koordinator program acara “Kampungku”. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu, berupa dokumen, struktur organisasi, serta literatur yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu TVRI Sumsel melewati tiga tahapan dalam proses produksi pesan, yaitu goals-plan-action. Sehingga, dengan adanya goals atau harapan acara tersebut yaitu memberikan informasi kepada masyarakat tentang sebuah desa telah tercapai, ditunjukkan dengan penonton lebih tertarik serta memahami identitas kota Palembang mulai dari kebudayaan, mata pencaharian, dan bangunan-bangunan berserajah. Maka dari itu, TVRI Sumsel menentukan planning yaitu dengan memberikan informasi kepada masyarakat tentang budaya, kerajinan, lifestyle, serta kebiasaan masyarakat kota Palembang dimana pesan tersebut lebih efektif dan mudah diartikan oleh penonton. Kemudian, action atau tindakan yang dilakukan TVRI Sumsel telah sesuai dengan harapan yaitu dengan membuat sebuah program acara “Kampungku” yang telah berhasil dalam membentuk branding suatu kota sehingga, terciptanya citra positif bagi kota Palembang. Kata kunci: goals, plans, action, produksi, pesan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 08:16 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 08:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28401 |
Actions (login required)
View Item |