Murtosiah, Siti (2016) PENERAPAN MEDIA AL-QURAN DIGITAL PEN (AL-QOLAM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI KELAS IV MI RAUDHATUL ULUM SAKATIGA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru harus pandai memilih metode, model, media dan strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa dapat memahami, mencerna dan mengingat materi yang disampaikan guru serta menarik minat mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu memilih media yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa tersebut. Penelitian ini berjudul “penerapan media al-quran digital pen (al-qolam) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadits di kelas IV MI Raudhatul Ulum Sakatiga”. Adapun Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan media al-Quran Digital Pen (al-Qolam) pada mata pelajaran al-Quran Hadits?, kedua, Bagaimana hasil belajar siswa sesudah penerapan media al-Quran Digital Pen (al-Qolam) pada mata pelajaran al-Quran Hadits? Ketiga, Apakah ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan media al-Quran Digital Pen (al-Qolam) pada mata pelajaran al-Quran Hadits? Jenis penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang dimaksudkan adalah latar belakang berdirinya sekolah, data yang terkait dalam bentuk-bentuk huruf, sedangkan data kuantitatif berupa jumlah populasi dan sampel penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B sebagai sampel. Sedangkan data sekunder adalah hal-hal yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan analisis, dengan df sebesar 60 ttabel sebagai berikut (pada taraf signifikansi 5% = 2,00), (pada taraf signifikansi 1% = 2,65) karena t0 = 16,27 lebih besar dari tt (baik dari taraf signifikansi 5 % dan 1 %), maka hipotesis nihil ditolak dan hipoesis alternatif diterima. Antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan hasil belajar siswa kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan media al-quran digital pen (al-qolam) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran al-quran hadits materi surat an-nashr kelas IV di MI Raudhatul Ulum Sakatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | al-quran, digital, hasil belajar siswa. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:52 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 04:52 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/285 |
Actions (login required)
View Item |