TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI BATAM NOMOR 830/PID.SUS/2020/PN BTM DALAM KASUS PEMBOBOLAN INTERNET BANKING NASABAH MAYBANK

Fachrurrozy, Dimas (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI BATAM NOMOR 830/PID.SUS/2020/PN BTM DALAM KASUS PEMBOBOLAN INTERNET BANKING NASABAH MAYBANK. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi Dimas Fachrurrozy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembobolan dana nasabah merupakan salah satu tindak pidana yang muncul di industri perbankan. Meskipun tindak pidana ini terjadi, masyarakat umum belum terlalu memperhatikannya. Masyarakat hanya mengenal pencucian uang sebagai tindak pidana di industri perbankan. Pada kenyataannya tindak pidana penggelapan dana nasabah dapat memberikan dampak negatif yang lebih besar bagi nasabah dibandingkan tindak pidana pencucian uang. Tindakan atau prosedur membobol sesuatu disebut pembobolan. Pembobolan berarti pembobolan dengan semacam paksaan, pembobolan dengan kekejaman, atau keduanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif, bahan hukum yang dikumpulkan berupa bahan hukum primer; Buku Hukum Pidana, KUHP, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Al-Qur’an, dan Putusan Hakim Nomor 830/Pid.Sus/2020/Pn Btm, Bahan hukum sekunder yang berkaitan dengan pokok penelitian dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data menggunakan Studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa Dasar pertimbangan hakim pengadilan negeri batam nomor 830/Pid.Sus/2020/Pn Btm dalam kasus pembobolan internet banking telah memenuhi aspek-aspek pertimbangan hakim, baik dari aspek yuridis, aspek sosiologis, maupun aspek filosofis. Dengan menjatuhkan terdakwa sanksi pidana penjara selama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan, Dan tinjauan hukum pidana Islam terhadap sanksi pada putusan nomor 830/Pid.Sus/2020/Pn Btm dalam kasus pembobolan internet banking Nasabah Maybank adalah potong tangan karena telah mencapai nisab untuk dipotong akan tetapi diganti dengan tazir sehingga penerapan sanksi diberikan kepada Qadhi (Hakim).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembobolan, Industri Perbankan, Putusan Nomor 830/Pid.Sus/2020/ Pn Btm.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: DIMAS FACHRURROZY 1930103084
Date Deposited: 23 Jun 2023 00:47
Last Modified: 23 Jun 2023 00:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28565

Actions (login required)

View Item View Item