AHMAD SAIFUL, NIM. 12210017 (2017) PERAN ORGANISASI PELAJAR PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM (OP3RU) DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA DI MA RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KABUPATEN OGAN ILIR. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
AHMAD SAIFUL NIM. 12210017.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum (OP3RU) dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Siswadi MA Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir dan memahami berbagai macam bentuk peraturan-peraturan yang dibuat oleh pengurus Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum sikap kemandirian siswa dapat dikembangkan dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana peran Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum (OP3RU) dalam mengembangkan sikap kemandirian siswa di MA Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir dan apa saja faktor pendukung dan penghambat Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum (OP3RU) dalam mengembangkan sikap kemandirian siswa di MA Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan alat pengumpulan datanya dalam penelitian ini ialah dengan caraobservasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di desa Sakatiga, Kabupaten Ogan Ilir. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang didapat dari penenlitian ini aialah; Pertama, Peran Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum( OP3RU) dalam mengembangkan sikap kemandirian siswa di MA Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir yaitu peran Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum( OP3RU) sebagai wadah organisasi, peran Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum( OP3RU) sebagai penggerak/motivator, dan peran Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum( OP3RU) sebagai pembina kesiswaan.Kedua, faktor pendukung Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Raudhatul Ulum (OP3RU) dalam mengembangkan sikap kemandirian siswa di MA Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir di antaranya ialah faktor keluarga, intelegensi, usia, lingkungan dan tingkat pendidikan dan status sosial ekonomi. Sedangkan faktor penghambatnya ialah latar belakang siswa, kurangnya kesadaran siswa, faktor teman sebaya dan kurangnya motivasi dari guru. Adapun solusi dalam menghadapi hambatan di atas ialah dengan memahami karakterisitik siswa, memberikan sosialisasi, mengarahkan untuk memilih teman pergaulan yang baik dan memberikan motivasi kepada siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran organisasi, mengembangkan sikap, kemandirian |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 06:19 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 06:19 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2861 |
Actions (login required)
View Item |