Indriani, Ayu (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMPAR DADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V SDN 3 MAKARTI JAYA BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-1-17.pdf Download (0B) |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-18-19.pdf Download (0B) |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-20-44.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-45-66.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-67-83.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-84-97.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-98-99.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-100-104.pdf Download (0B) |
|
Text
SKRIPSI AYU INDRIANI ACC-105-118.pdf Download (0B) |
Abstract
Media pembelajaran adalah suatu alat bantu yang dapat digunakan dalam proses belajar untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan mudah di mengerti sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti menerapkan sebuah media pembelajaran bernama media pembelajaran lempar dadu. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah adanya hipotesis atau dugaan kurangnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Makarti Jaya Banyuasin yang kurang aktif, dan pasif dalam merespon aktivitas didalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah atau konvensional, dan tidak ada penyertaan penggunaan media pembelajaran di dalam RPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SDN 3 Makarti Jaya Banyuasin setelah diterapkannya media pembelajaran lempar dadu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yakni The one group pretest and posstest design. Populasi penelitian ini yaitu 2 kelas VA dan VB sebanyak 60 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu kelas VA dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil penelitian awal (pretest) diperoleh nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 80. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa masih berada di tingkat rendah. Adapun setelah diterapkan media pembelajaran lempar dadu, hasil penelitian tes akhir (posttest) didapatkan nilai terkecil 50 dan nilai terbesar 100. Kemudian dilakukan perhitungan uji-t diraih nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti rendah dari 0.005, maka dari itu Ho ditolak yang berarti ada ketidaksamaan tingkat hasil belajar siswa sebelum dan setelah dialokasikan perlakuan dimana tingkat hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Lempar Dadu, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | AYU INDRIANI 1820202093 |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:45 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28683 |
Actions (login required)
View Item |