PENGARUH JUMLAH PENYALURAN DANA ZIS TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI INDONESIA DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

DEDI SAPUTRA, DS (2023) PENGARUH JUMLAH PENYALURAN DANA ZIS TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI INDONESIA DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, uin raden fatah palembang.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text Tesis Full- new.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian111ini dilakukan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh jumlah penyaluran dana ZIS terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data sekunder serta dianalisis oleh alat bantu statistik eviws 10.0 dengan menguji asumsi klasik dilanjutkan dengan analisis jalur dan sobel test. Penelitian ini dilakukan di Badan amil zakat nasional selama 10 tahun dari tahun 2012-2021. Penelitian menggunakan variabel pertumbuhan ekonomi sebagai variabel mediasi (intervening) untuk melihat pengaruh jumlah penyaluran dana ZIS terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi digunakan sebagai variabel intervening karena secara teori ekonomi dan hasil kajian terdahulu mampu untuk memediasi pengaruh jumlah penyaluran dana ZIS. Pertumbuhan ekonomi juga memenuhi syarat sebagai variabel intervening karena secara teori mampu dipengaruhi oleh variabel X (penyaluran dana ZIS) dan mampu mempengaruhi variabel Y (jumlah penduduk miskin). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah penyaluran dana ZIS tidak mampu berpengaruh secara langsung terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia, namun harus dimediasi terlebih dahulu melalui variabel pertumbuhan ekonomi.. Hasil ini dibuktikan dengan hasil sobel test dengan menggunakan rumus Z-hitung mendapatkan nilai sebesar 8,54 > 1,98 artinya pertumbuhan ekonomi mampu memediasi pengaruh penyaluran dana ZIS terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia. Hasil ini juga diperkuat dengan hasil uji sobel test melalui aplikasi calculator online di laman web www.danielsober.com dengan hasil one tailed 0,00 dan two tailed 0,00 kedua hasil tersebut dibawah 0,05 artinya pertumbuhan ekonomi mampu memediasi pengaruh penyaluran dana ZIS terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi mampu memediasi pengaruh distribusi dana ZIS terhadap jumlah penduduk miskin karena selama 10 tahun terakhir dari tahun 2012-2021, BAZNAS telah menyalurkan bantuannya baik dalam program sosial kemanusiaan dan program bidang ekonomi, kedua program tersebut yang mampu mengurangi secara signifikan jumlah penduduk miskin. Selain itu, peningkatan penyaluran dana ZIS secara produktif selama periode 2012-2021 oleh BAZNAS juga membuat meningkatnya roda perekonomian masyarakat karena ketika bantuan disalurkan secara produktif akan membuat meningkatnya pendapatan masyarakat dalam jangka Panjang. Kata kunci : Jumlah penyaluran dana ZIS, Jumlah penduduk miskin, Pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 74134 - Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: DEDI SAPUTRA 2130605015
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:22
Last Modified: 06 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28739

Actions (login required)

View Item View Item