PENGARUH PONDOK PESANTREN NURUL IMAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BANYUASIN III TAHUN 1998-2007 M/1418-1427 H

ALFARIZI, ABI (2023) PENGARUH PONDOK PESANTREN NURUL IMAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA UJUNG TANJUNG KECAMATAN BANYUASIN III TAHUN 1998-2007 M/1418-1427 H. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I DONE.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB I DONE.docx

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
BAB I DONE.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II DONE.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III DONE.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV DONE.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V revisi terbaru.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan mengenai penelitian Pengaruh Pondok Pesantren Nurul Iman Terhadap Perkembangan Sosial Keagamaan di Desa Ujung Tanjung. Kerangka pikir dari pokok permasalahan karena kenyataan pengaruh dan perkembangan keagamaan yang perlu dijelaskan secara rinci yaitu. 1. Bagaimana kondisi umum desa Ujung Tanjug, banyuasin; 2. Bagaimana sejarah berdirinya dan berkembangnya pesantren “Nurul Iman”; 3. Bagaimana pengaruh pondok pesantren terhadap perkembangan sosial keagamaan di desa UjungTanjung. Penelitian berjudul Pengaruh Pondok Pesantren “Nurul Iman” Terhadap Perkembangan Sosial Keagamaan di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan Pada Tahun 2012 -2022 M/1433 -1444 H. Merupakan penelitian library research dengan pendekatan sejarah. Penelitian ini menitik beratkan pada data pengaruh dan perkembangan keagamaan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan secara observasi langsung, wawancara terbatas, dan dokumentasi. Analisis data diolah secara deskriptif kualitatif dan disusun dengan menggunakan metode induktif. Pengaruh dan perkembangan keagamaan Islam terjadi karna adanya aktor yang memberikan dampak yan bisa merubah indivdual, kelompok dan bahkan masyarakat ke arah yang lebih baik. Dan itu juga dibuktikan dengan adanya berkembangnya ilmu agama di Desa Ujung Tanjung. Dalam penelitian ini ada dua sumber data yang digunakan, yakni sumber primer yang diperoleh dari K.H., ustadz, ustadzah dan tokoh masyarakat, kades, pemerintahan setempat, dan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkitan dengan penelitian. Dari hasil penelitian dilapangan dapat diketahui bahwa pengaruh pondok pesantren terhadap masyarakat Desa UjungnTanjung itu berhasil baik dalam perubahan/peningkatan pemahaman mereka terhadap keagamaan khususnya dalam menjaga dan mempertahankan Majelis Ta’lim, Ilmu ‘Alat. Di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin. Dan kegiatan ini masih bertahan sampai sekarang di Desa Ujung Tanjung. Kata Kunci: - Pengaruh – Perkembangan – Sosial Keagamaan – Ujung Tanjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: - Pengaruh – Perkembangan – Sosial Keagamaan – Ujung Tanjung.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: ABI ALFARIZI 1810402002
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:22
Last Modified: 06 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28740

Actions (login required)

View Item View Item