PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK KARAKTER SOPAN SANTUN PADA REMAJA MELALUI POLA ASUH DEMOKRATIS DI RT 1 DESA TANJUNG AUR KECAMATAN KIKIM TENGAH KABUPATEN LAHAT

Junisyah, Rista (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK KARAKTER SOPAN SANTUN PADA REMAJA MELALUI POLA ASUH DEMOKRATIS DI RT 1 DESA TANJUNG AUR KECAMATAN KIKIM TENGAH KABUPATEN LAHAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1-HALAMAN JUDUL-1.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrac.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
2-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
6-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Peran orang tua dalam mendidik karakter sopan santun yaitu suatu kewajiban sebagai orang tua untuk membimbing, memberikan pengarahan, serta menjadi panutan bagi seluruh anaknya. Kepemimpinan bisa menjadi perilaku yang sangat ampuh dalam membantu anak menjadi orang yang berguna. Perilaku pengasuhan yang efektif harus didukung oleh kebijakan yang diterapkan oleh regulator dan dilaksanakan oleh seluruh anggota masyarakat dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Karakter sopan santun adalah sikap yang halus dan baik dari sudut pandang tata bersama kesemua orang, kata sopan sering digandengkan dengan kata santun sehingga kata majemuk sopan santun yang maknanya tetap sama, prilaku sopan mencerminkan diri sendiri, karena sopan santun memiliki arti hormat, takzim dan tertib menurut adat.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Informan penelitian yakni 5 remaja, 5 orang tua, dan 5 masyarakat Rt 1 Desa Tanjung Aur Kecamatan Kikim Tengah Kabupaten Lahat. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dankesimpulan. Hasil penelitianmenunjukan bahwa Peran Orang Tua dalam Mendidik Karakter Sopan Santun Remaja di Rt 1 Desa Tanjung Aur Kecamatan Kikim tengah Kabupaten Lahat, peran orang tua tersebut ialah berperan sebagai pengajar orang tua memberikan sebuah pemahaman dan pengajaran tentang ilmu agama, serta dengan memberikancontoh peneladanan dengan contoh dari orang tua, pembiasaan, pemberian nasihat dan juga menciptakan suasana yang nyaman. Faktor Pendukung yang dirasakan oleh orang tua di Rt 1 Desa Tanjung Aur yakni interaksi antara anak dan orang tua berjalan dengan baik, orang tua pun bertanggung jawab dalam memberikan Pendidikan agama, kedisiplinan, dan sebuah fasilitas yang dibutuhkan oleh sang anak. Faktor penghambatnya ialah keterbatasan waktu dalam mendidik anak, orang tua yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk mendidik anak dengan baik, dan pengaruh negatif media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Karakter Sopan Santun Remaja
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: RISTA JUNISYAH 1920202075
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:07
Last Modified: 11 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28797

Actions (login required)

View Item View Item