FIRMANSYAH, NIM.13350049 (2018) MOTIVASI BELAJAR DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA KELAS X,XI DI MAN 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
FIRMANSYAH (13350049).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kecemasan siswa kelas X,XI pada siswa MAN 2 Palembang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan mengacu pada tabel isaac dan michael pada taraf kesalahan 5%. Sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 198 orang siswa/i kelas X,XI MAN 2 Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala motivasi belajar yang dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan dimensi motivasi intrinsik dan dimensi motivasi ekstrinsik berdasarkan pendapat Rohmalina Wahab yang terdiri 2 dimensi dari 6 indikator dimensi intrinsik terdiri dari 3 indikator intrinsik dan 3 indikator ekstrinsik berdasrkan pendapat Hamzah Uno. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi sederhana yang menghasilkan koefisien korelasi sebesar p = 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar dengan kecemasan siswa pada siswa MAN 2 Palembang, dalam artian semakin tinggi tingkat motivasi belajar maka semakin rendah tingkat kecemasan siswa yang dirasakan. Adapun sumbangan yang diberikan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 01,4.% bagi kecemasan siswa 99,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kecemasan Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kecemasan Siswa |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 06:20 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 06:20 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2887 |
Actions (login required)
View Item |