PERAN PEMERINTAH DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 203/Pid.B/2022/PN Bta)

Nafha Tazkiya, Tasya (2023) PERAN PEMERINTAH DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 203/Pid.B/2022/PN Bta). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
skripsi tasya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kejadian Di Kabupaten Oku Selatan, santriwati berinisial S (19 Tahun) yang mengalami perkosaan yang dilakukan oleh MS (50 Tahun) seorang pimpinan Pondok Pesantren tempat korban sedang menimba ilmu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB-PPPA) OKU Selatan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. dan dianalisis dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Dinas PPKB-PPPA OKU Selatan dengan berkoordinasi bersama Unit PPA Polres OKU Selatan, Camat, dan Kepala Desa setempat telah memberikan tindakan terhadap kasus kekerasan seksual yang menimpa salah satu staf Pondok Pesantren Darul Ulum Oku Selatan. Dinas tersebut sudah memberikan pendampingan khusus dengan memberikan rasa aman kepada korban melalui pendampingan saat dilakukan penyelidikan dan penyidikan melalui interogasi oleh Polres bidang PPPA dipondok pesantren Darul Ulum. Korban didampingi staf perempuan saja agar memberikan rasa nyaman selama interogasi. Korban juga diberikan bantuan materiil berupa perlengkapan bayi untuk anak korban. Selama peradilan hingga sampai tahap putusan, korban terus dipantau baik fisik maupun psikisnya. Pelaku dijatuhi hukuman rajam sesuai dengan hukuman pezina. Hanya pelaku pemerkosaan itu saja yang dikenakan had sama seperti hukuman yang dikenakan ke atas perlakuan zina. Pelakunya muhsan maka dikenakan hukuman rajam sampai mati.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Seksual, Perlindungan, Hukum Pidana Islam, Peran Pemerintah.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: NAFHA TAZKIYA 1810103045
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:34
Last Modified: 18 Jul 2023 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28976

Actions (login required)

View Item View Item