PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI FPB DAN KPK SMP KELAS VII

Azzahra, Hafidah Muthiah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI FPB DAN KPK SMP KELAS VII. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik materi FPB dan KPK pada siswa SMP kelas VII di SMPN Belida Darat yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep. Jenis penelitian ini adalah design research tipe development study yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur evaluasi formatif yaitu self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan valid dan dapat digunakan menurut ahli media, dan ahli materi. Media pembelajaran yang dikembangkan pada tahap one to one memperoleh persentase 91,7%, tahap small group 87%, dan tahap field test 90,1% berkategori sangat praktis. Media pembelajaran memiliki efek potensial pada kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu diperoleh persentase efek potensial 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komik, Kemampuan Pemahaman Konsep, FPB & KPK
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:12
Last Modified: 20 Jul 2023 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29001

Actions (login required)

View Item View Item