STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGENALAN SISTEM PINOSTABELA KEPADA KELOMPOK TANI DI DESA MULYO AGUNG, KABUPATEN OKU TIMUR

LESTARI, ANITA PUTRI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGENALAN SISTEM PINOSTABELA KEPADA KELOMPOK TANI DI DESA MULYO AGUNG, KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
ANITA PUTRI LESTARI 1920701039 cover.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
ANITA PUTRI LESTARI 1920701039 full bab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sistem pinostabela adalah sistem tanam padi terbaru yang mulai dikembangkan di desa Mulyo Agung, OKU Timur. Dikarenakan sistem baru pertanian, sistem pinostabela hanya digunakan oleh beberapa petani, sedangkan petani lain masih kontra terhadap sistem pinostabela karena khawatir merusak sistem tanam yang ada. Oleh karena itu, penyuluh menentukan strategi komunikasi yang digunakan untuk mengenalkan sistem pinostabela. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan penyuluh selama proses penyuluhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini berdasarkan wawancara dengan petani dan pengamatan lahan pertanian. Hasil penelitian setelah proses pengolahan data dengan menggunakan teori Difusi-Inovasi Komunikasi, diperoleh bahwa penyuluh melakukan pendekatan secara personal sebagai problem solving masalah petani. Selain itu, penyuluh juga melakukan uji coba pertanian yang melibatkan petani dan menggunakan media massa untuk mendapatkan komunikan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:19
Last Modified: 21 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29063

Actions (login required)

View Item View Item