TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP MEKANISME PENETAPAN UPAH MEMBUKA LAHAN KEBUN KARET (STUDI KASUS DI DESA RAJA KECAMATAN TANAH ABANG KABUPATEN PALI)

Isni Audina, Laila (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP MEKANISME PENETAPAN UPAH MEMBUKA LAHAN KEBUN KARET (STUDI KASUS DI DESA RAJA KECAMATAN TANAH ABANG KABUPATEN PALI). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Laila Isni Audina (1920104032).pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Mekanisme Penetapan Upah Membuka Lahan Kebun Karet Di Desa Raja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya wanprestasi yang dilakukan oleh pihak pemilik lahan dalam pembayaran upah yang menyebabkan kerugian pihak pengelola lahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana mekanisme penetapan upah membuka lahan kebun karet di Desa Raja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI?, (2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap mekaisme penetapan upah membuka lahan kebun karet di Desa Raja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)). Adapun sumber yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer (wawancara), didukung oleh sumber data sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mekanisme penetapan upah membuka lahan kebun karet di Desa Raja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, penetapan upahnya yaitu 1 bibit karet Rp.20.000 jika pengelola lahan tidak mempunyai lahan perkebun karet sendiri, tetapi kalau pengelola lahan mempunyai lahan perkebunan karet sendiri 1 bibit karet Rp.15.000. Pemberian upahnya dilakukan ketika bibit pohon karet sudah berumur tiga tahun. Namun kenyataannya, dalam pemberian upah kapada pengelola lahan yang terjadi sebagian kecil masyarakat Desa Raja sering kali terjadi pemotongan upah secara sepihak, bahkan terkadang pihak pemilik lahan sampai tidak membayar upah yang seharusnya menjadi hak pengelola. Berdasarkan Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap mekanisme penetapan upah membuka lahan kebun karet ini dilihat dari rukun upah telah sesuai dengan syariat Islam. Namun dari syarat-syarat upah dalam pelaksanaan pengupahannya belum sesuai dengan syariat Islam karena adanya ketidakadilan dalam pengupahannya, sehingga menimbulkan kemudharatan dalam perikatan antara pemilik lahan dengan pengelola lahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kebun Karet, Ijarah (Upah), Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: LAILA ISNI AUDINA 1920104032
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:53
Last Modified: 27 Jul 2023 06:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29196

Actions (login required)

View Item View Item