ANALISIS PENGUMPULAN DANA ZIS (ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH) MELALUI SISTEM BERBAYAR NON TUNAI QRIS DALAM MENINGKATKAN MINAT DONATUR DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAKESMA SUMATERA SELATAN

Ramajaya, Rizky Dwi (2023) ANALISIS PENGUMPULAN DANA ZIS (ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH) MELALUI SISTEM BERBAYAR NON TUNAI QRIS DALAM MENINGKATKAN MINAT DONATUR DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAKESMA SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.docx

Download (770kB)
[img] Text
BAB 1.docx
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.docx
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

Bank Indonesia menerbitkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standar) dan QRIS memberikan kemudahan yang dibutuhkan untuk transaksi keuangan seperti pembayaran, pinjaman, donasi dan transaksi berbasis teknologi lainnya. Salah satu Lembaga Amil Zakat yang ada di kota Palembang yakni Lembaga Amil Zakat Nasional YAKESMA Sumatera Selatan menjadi Objek Penelitian kali ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif atau lapangan yaitu pengumpulan data primer dan sekunder dengan menggambarkan keadaan dari objek yang diteliti dilapangan kemudian terhadap permasalahan yang timbul akan ditinjau dan di analisis secara mendalam dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengumpulan dana ZIS (zakat, infaq, dan shodaqoh) melalui sistem berbayar non tunai QRIS di Yakesma Sumatera Selatan, belum optimal karena sedikitnya masyarakat yang berdonasi menggunakan QRIS dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap berdonasi menggunakan QRIS, dilihat dari hasil wawancara yang telah diteliti tidak mencapai 5 orang tiap bulannya hanya 2-3 orang, bahkan di dalam satu bulan bisa tidak ada orang yang berdonasi menggunakan QRIS. Dan kendala bagi Yakesma Sumatera Selatan dalam berdonasi menggunakan QRIS yaitu sering terjadi para donatur yang telah berdonasi menggunakan QRIS tetapi tidak konfirmasi kembali ke admin Yakesma Sumatera Selatan hal ini membuat donatur yang telah berdonasi menggunakan QRIS namanya tidak terkonfirmasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengumpulan Dana ZIS, Non Tunai QRIS
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: RIZKY DWI RAMAJAYA 1930604089
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:01
Last Modified: 31 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29277

Actions (login required)

View Item View Item