Optimalisasi Penyaluran Zakat Pegawai Berbasis Digital untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik Melalui Aplikasi Ramah Zakat di Bank Sumsel Babel Kantor Pusat Kota Palembang

Anggraini, Anggraini (2023) Optimalisasi Penyaluran Zakat Pegawai Berbasis Digital untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik Melalui Aplikasi Ramah Zakat di Bank Sumsel Babel Kantor Pusat Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
bab 1 repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 repository.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan ekonomi mustahik yang dikelola Bank Sumsel Babel Kantor Pusat Kota Palembang pada program aplikasi ramah zakat, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana optimalisasi penyaluran zakat pegawai. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara yang merupakan metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mereka yang pernah menerima dana zakat pegawai dari Bank Sumsel Babel kantor pusat Kota Palembang. Teknis analisis penelitian ini terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Bank Sumsel Babel kantor pusat Kota Palembang menyalurkan zakat pegawai melalui program aplikasi ramah zakat berupa barcode yang dicairkan pada merchant yang telah disiapkan. Diperkirakan taraf hidup dan pendapatan mustahik akan meningkat dengan bantuan dana zakat setiap bulannya. Penyaluran zakat pegawai dengan program aplikasi ramah zakat dinilai kurang optimal dari sisi peningkatan ekonomi mustahik. Hal tersebut karena konsep dasar Islam tentang kesejahteraan menyatakan bahwa kesejahteraan mustahik belum mengalami peningkatan bahkan setelah mendapat bantuan. Meskipun beberapa orang telah mengalami peningkatan pendapatan mereka, itu masih belum cukup untuk menutupi semua kebutuhan sehari-hari mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Zakat Pegawai, Ramah Zakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ANGGRAINI 1920604037
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:02
Last Modified: 31 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

View Item View Item