Yuliana, Ida (2023) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I repositori.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V repositori.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bukit Jaya Sungai Lilin pada kelas IV semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen dengan desain penelitian posttest control only group design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 20 siswa kelas kontrol dan 20 siswa kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes non-objektif (uraian). Teknik untuk menganalisis data menggunakan bantuan program SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa rata-rata keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri yaitu pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata keterampilan menulis karangan narasi dengan tidak menggunakan media gambar berseri pada kelas kontrol. Rata- rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 86,75 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 69. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Paired Sample T-Test diperoleh thitung sebesar 0,000 pada taraf signifikansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar Berseri, Karangan Narasi, bahasa Indonesia. |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ida Yuliana - |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 06:55 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 06:55 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29317 |
Actions (login required)
View Item |