TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PENERAPAN HARGA DAN PROMOSI PADA USAHA TRAVEL (Studi kasus Di CV.Alerya Travel Palembang-Sekayu)

CHANDRA PRAYOGI, NIM. 14170030 (2018) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PENERAPAN HARGA DAN PROMOSI PADA USAHA TRAVEL (Studi kasus Di CV.Alerya Travel Palembang-Sekayu). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
CHANDRA PRAYOGI (14170030).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Harga merupakan konsep yang sangat penting dalam dunia bisnis, karena dengan adanya harga dapat menentukan laku tidaknya suatu barang atau jasa. Penentuan harga tidak boleh bertentangan dengan ajaran islam, karena islam lebih mengutamakan kemaslahatan umat dalam setiap aktivitas duniawi. Penelitian ini berjudul tinjauan hukum ekonomi syari‟ah terhadap penerapan harga dan promosi pada usaha travel di CV.Alerya Travel Palembang-Sekayu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenaikkan harga pada hari sebelum lebaran yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana sistem penerapan harga dan promosi pada usaha travel di CV.Alerya Travel dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari‟ah terhadap penerapan harga dan promosi pada usaha travel di CV.Alerya Travel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penerapan harga dan promosi di CV.Alerya travel dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syari‟ah terhadap sistem penerapan harga dan promosi di CV.Alerya Travel Palembang- Sekayu. Jenis penelitian ini adalah (field research) yaitu mengumpulkan dan menghimpun data langsung pada lokasi penelitian di CV.Alerya Travel, untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu menekankan analisis proses berfikir secara deduktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer hasil wawancara dengan pihak loket dan pelanggan, sementara data sekunder berupa dokumen-dokumen, buku, catatan dan sejarah CV.Alerya Travel. Setelah data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian sistem penerapan harga yang diterapkan CV.Alerya Travel pada hari sebelum lebaran dinaikkan 10% dari hari biasanya. Dan penyebab terjadinya kenaikkan harga tersebut disesuaikan dengan modal yang dikeluarkan. Kemudian dalam tinjauan hukum ekonomi syari‟ah tentang perbedaan atau kenaikkan harga tersebut diperbolehkan karena telah sesuai dengan konsep harga dalam Islam dan sistem yang dilakukan juga telah memenuhi rukun dan syarat dalam Islam sehingga hukumnya sah. Kata kunci: Tas‟ir, hukum ekonomi syari‟ah, perbedaan harga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:22
Last Modified: 14 Jun 2019 06:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item View Item