Kusuma, Alila Zahira (2023) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN NIKAH DI KUA KECAMATAN ILIR BARAT I KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Slideshow
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
Slideshow
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
|
Slideshow
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Slideshow
BAB 1 - ALILA ZAHIRA KUSUMA, S.E., S.Sos.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Slideshow
BAB 2 - ALILA ZAHIRA KUSUMA, S.E., S.Sos.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Slideshow
BAB 3 - ALILA ZAHIRA KUSUMA, S.E., S.Sos.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Slideshow
BAB 4 - ALILA ZAHIRA KUSUMA, S.E., S.Sos.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) | Request a copy |
|
Slideshow
BAB 5 - ALILA ZAHIRA KUSUMA, S.E., S.Sos.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
Slideshow
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Nikah di KUA Kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam meningkatkan mutu pelayanan nikah di KUA Kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Teori yang digunakan yakni Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini yaitu yang pertama penerapan SIMKAH yang digunakan meliputi Teknologi seperti teknologi telah memadai mulai dari komputer, mesin percetakan serta Wi-Fi. Informasi seperti tersimpannya data dengan aman karena data terecord/terekam akan tersimpan sebagai database digital. Manusia seperti SDM yang memang berkompeten serta profesional. Kedua, kualitas pelayanan yang mereka gunakan ialah: Bukti fisik seperti fasilitas yang disediakan sudah sesuai. Keandalan seperti setiap pegawai memiliki keahlian di bidang mereka masing-masing. Daya tangkap seperti pegawai cepat dalam merespon setiap keluhan serta memberikan solusinya. Jaminan seperti cepat, akurat, tepat waktu, akuntabel. Empati seperti para pegawai cepat dalam menanggapi bila terdapat peserta nikah yang masih kurang jelas dan paham. Ketiga, faktor pendukung penerapan SIMKAH ini ialah seperti sarana prasarana (teknologi yang canggih, jaringan Wi-Fi), SDM yang berkompeten serta pemberian reward. Sedangkan untuk faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pembinaan pranikah, gangguan jaringan yang terkadang kurang stabil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: SIMKAH, Manajemen, Mutu Pelayanan. |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > pelayanan sosial 600 Teknologi > Manajemen 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah |
Depositing User: | ALILA ZAHIRA KUSUMA 1830504098 |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 07:22 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 07:22 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29415 |
Actions (login required)
View Item |