PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP

rohmatin, devi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover dev.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak dev.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka dev.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
bab 1 sd 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran matematika berbasis Problem Based Laerning (PBL) pada materi aljabar yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Metode penelitian pengembangan dari Tessmer yang difokuskan pada dua tahapan yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari tahap self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, wawancara, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 13 Palembang kelas VII.10. Hasil penelitian dari validasi aspek media, materi, dan kualitas teknis menunjukkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi aljabar dinyatakan valid. Pada tahap one-to-one, siswa yang dijadikan subjek penelitian memberikan respon sangat baik terhadap media yang digunakan. Pada tahap small group dengan kategori praktis. Efek potensial berdasarkan hasil post test siswa pada tahap field test dengan persentase sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi aljabar dinyatakan valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Pengembangan, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: DEVI ROHMATIN -
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:01
Last Modified: 07 Aug 2023 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29494

Actions (login required)

View Item View Item