Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH Indralaya Menggunakan Model End User Computing Satisfaction

Reza, Muhammad (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH Indralaya Menggunakan Model End User Computing Satisfaction. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Terdapat kendala dalam penerapan Aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH jika dilihat dari segi kepuasan pengguna pada layanan aplikasi ini belum diketahui karena pihak BMT Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah belum pernah melakukan pengukuran tentang kepuasan pengguna aplikasi tersebut. Untuk menghindari adanya penolakan terhadap aplikasi maka penting melakukan analisis untuk melihat kepuasan dari pengguna terhadap aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH menggunakan model EUCS dilihat dari lima faktor antara lain: Content, Accuracy, Format, Userfriendliness, dan Timing Dengan menggunakan kuesioner yang disebar ke 85 pegawai. Untuk hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengguna aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH sudah merasa puas karena dilihat dari variabel Content sebesar 63,33% menyatakan puas, variabel Accuracy sebesar 78,01% menyatakan puas, variabel Format sebesar 70,55% menyatakan puas, variabel Ease of Use sebesar 75,55% menyatakan puas dan variabel Timeliness sebesar 74,28% menyatakan puas. Adapun perhitungan distribusi frekuensi pada keseluruhan variabel dinyatakan: STP sebesar 1%, TP sebesar 7%, CP sebesar 36%, P sebesar 39% dan SP sebesar 16%. Jika dilihat dari persentase tingkat kepuasan pengguna secara keseluruhan pada Aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH mengindikasikan bahwa Aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH sudah memenuhi harapan pengguna karena persentase terbesar 39% yaitu merasa puas. Penulis memberikan masukkan kepada pihak BMT Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya dalam upaya meningkatkan kepuasan dari pengguna aplikasi M-BMT AL-ITTIFAQIAH agar sesuai apa yang diharapkan oleh pengguna, sebagai berikut: Hasil penelitian ini dapat diterapkan untuk dilakukan mengembangkan Aplikasi agar lebih baik terutama pada variabel content (isi) yang harus diperhatikan agar bisa sesuai dengan diharapkan pengguna. Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Aplikasi M-BMT, EUCS

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Aplikasi M-BMT, EUCS
Subjects: Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: MUHAMMAD REZA 1830803067
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:02
Last Modified: 07 Aug 2023 09:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29501

Actions (login required)

View Item View Item