Analisis Konsep Pendidikan Islam Moderat Menurut Pandangan K.H Hasyim Asy'ari

Pratama Nanda M., Pratama Nanda M. (2023) Analisis Konsep Pendidikan Islam Moderat Menurut Pandangan K.H Hasyim Asy'ari. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Islam yang Moderat untuk masyarakat Indonesia tentunya adalah sesuatu yang sangat vital dalam rangka menjaga agar bangsa ini tetap bergerak. Hadirnya Isu Radikalisme dan Terorisme harus dipahami dan perlu kesadaran akan perbedaan Islam dari sudut pandang yang berbeda pada Islam yang umumnya. Tentu saja itu perlu kesungguh-sungguhan dalam mengantisispasi paham yang berkembang. Orang tua dan Lembaga Pendidikan tentunya menjadi tempat pertama dalam upaya memberikan Pendidikan Islam Moderat. Tujuan penelitian pada penelitian ini 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan Islam Moderat menurut pandangan K.H Hasyim Asy’ari. 2) Untuk menanamkan akhlak yang baik melalui konsep Pendidikan Islam Moderat. 3) Untuk mengetahui relevansi pemikiran Islam Moderat menurut pandangan K.H Hasyim Asy’ari. Metode yang digunakan pada penelitia ini merupakann penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan penelitian content analysis atau analisis isi. Kemudian dilakukan pengumpulan data menggunakan fasilitas seperti buku, majalah, dokumen, catatan. Sedangkan sumber data sekunder dan primer, serta pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kitab al- Tibyan: fin Nahyi ‘an Muqatha’atil Arham wal Aqarib wal Ikhwan karangan K.H Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan Islam moderat yang diajarkan oleh K.H Hasyim Asy’ari yaitu dengan sifat kemoderatan dengan konsep kerukunan, konsep keseimbangan, dan konsep toleransi sesuai dengan pemikiran K.H Hasyim Asy’ari. Selanjutnya relevansi konsep pendidikan Islam moderat dalam menangkal pemahaman radikal yaitu dengan selalu menyambung tali silaturahmi, dengan pemahaman ahlussunnah wal jama’ah yang selalu di naungkan oleh Nadhatul Ulama, serta dengan selalu menjaga persaudaraan dan toleransi yang menjadi hal yang sangat relevan dalam menangkal berbagai paham yang bersifat radikal . Kata Kunci: Konsep pendidikan, Islam Moderat, K.H Hasyim Asy’ari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan, Islam Moderat, K.H Hasyim Asy’ari.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: M. NANDA PRATAMA 1930202289
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:05
Last Modified: 16 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29725

Actions (login required)

View Item View Item