IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN JAMAAH DI MASJID MU’AWANATUL MUTTAQIEN KOTA PALEMBANG

Sumarlan, Juliana (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN JAMAAH DI MASJID MU’AWANATUL MUTTAQIEN KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden fatah Palembang.

[img] Text
SKRISI JULIANA SUMARLAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Implementasi Manajemen Pelayanan dalam Meningkatkan Kenyamanan Jamaah di Masjid Mu’awanatul Muttaqien Kota Palembang’’. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetehui penerapan manajemen pelayanan dalam meningkatkan kenyamanan Jemaah di Masjid Mu’awanatul Muttaqien Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi dalam penelitian ini di Jl. Panjaitan Lr. Kolam Rt. 27 No. 1953 Tangga Takat Plaju Kota Palembang Provinsi Sumatra Selatan. Teknis analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Hubermen dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu teori manajemen pelayanan menurut Meonir dan teori kenyamanan menurut Satwiko prasasto. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa manajemen pelayanan dan kenyamanan sangat berkaitan erat di masjid Muawanatul Muttaqien untuk memuaskan jamaah. Seluruh anggota pengurus masjid sudah hampir memenuhi kriteria manejemen pelayanan. Akan tetapi kurangnya lapangan parkir untuk mobil, kurang terjaganya kebersihan didalam masjid dan kurangnya pembenahan fasilitas masjid seperti ruangan yang panas, akibat kurangnya kipas angin/AC. Hal inilah yang membuat kenyamanan di masjid berkurang, sedangkan kenyamanan merupakan faktor terpenting untuk memuaskan para jamah. Kata Kunci : Manajemen Pelayanan, Kenyamanan Jamaah, Masjid Mu’awanatul Muttaqien

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Kenyamanan Jamaah, Masjid Mu’awanatul Muttaqien
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: Juliana Sumarlan -
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:03
Last Modified: 22 Aug 2023 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29873

Actions (login required)

View Item View Item