PEMENUHAN JANJI POLITIK PASANGAN BUPATI TERPILIH KABUPATEN BANYUASIN PASCA PILKADA TAHUN 2018 DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF ETIKA POLITIK AL-MAWARDI

Kurniawan, Kurniawan (2022) PEMENUHAN JANJI POLITIK PASANGAN BUPATI TERPILIH KABUPATEN BANYUASIN PASCA PILKADA TAHUN 2018 DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF ETIKA POLITIK AL-MAWARDI. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Kurniawan - Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
Kurniawan - Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
Kurniawan - Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Kurniawan - Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
Kurniawan - Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Seperti yang kita ketehaui bahwa etika merupakan aturan atau disebut juga norma yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi perilaku seseorang yang berhubungan dengan tindakan yang baik dan buruk yang dilakukan oleh seseorang serta merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab moral.Oleh sebab itulah etika politik berkaitan erat dengan bidang pembahasan moral dan salah satu tokoh politik islam yaitu Al-Mawardi berpandangan tentang etika politik bahwasanya seorang kepala negara atau pemimpin harus mempunyai kewajiban yang besar terhadap rakyatnya yaitu memberikan bentuk perlindungan, keamanan dan kenyamanan dalam berwarga negara dan dapat mengelola hak-hak rakyat dengan baik serta bertanggung jawab. Namun sebaliknya sebagai seorang rakyat juga harus tunduk dan taat terhadap kepala negara atau pemimpin. Oleh karena itulah penulis tertarik untuk mengangkat dengan judul penelitian “Pemenuhan Janji Politik Pasangan Bupati Terpilih Kabupaten Banyuasin Pasca Pilkada Tahun 2018 Di Tinjau Dalam Perspektif Etika Politik Al-Mawardi” dengan permasalahan sebagai berikut : 1. Bagaimana penerapan realisai janji politik pasangan Bupati yang terpilih di Kabupaten Banyuasin pasca pilkada tahun 2018 ? 2. Bagaimana fenomena realiasasi janji politik pasangan Bupati yang terpilih di Kabupaten Banyuasin Bila di tinjau dalam perspektif etika politik Al-Mawardi? Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan, menganalisis, dan menjelaskan bagaimana perspektif etika politik dalam pemenuhan janji politik pasca pilkada 2018 di Kabupaten Banyuasin itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif,campuran dan data primer dalam penelitian ini ialah wakil ketua DPRD Kabupaten Bnayuasin dan tokoh masyarakat Desa Tanah Pilih sedangkan data sekundernya ialah bukubuku, jurnal-jurnal, dokumentasi dan informasi yang didapat dari instansi yang terkait dalam permasalahan penelitian. Hasil penelitian yang di lakukan oleh peneliti sendiri mengungkapkan bahwasanya Pasangan Bupati yang terpilih pasca pilkada 2018 silam di Kabupaten Banyuasin yaitu Askolani-Slamet telah sesuai dengan pandangan konsep etika politik Al-mawardi yaitu diamana pemimpin harus mempunyai kewajiban yang besar terhadap rakyatnya yaitu memberikan bentuk perlindungan, keamanan dan kenyamanan dalam berwarga negara dan dapat mengelolah hak-hak rakyat dengan baik serta juga bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: KURNIAWAN 182040437
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:18
Last Modified: 25 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30027

Actions (login required)

View Item View Item