KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

INAYATUL FADILAH, NIM. 13221030 (2018) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Inayatul Fadilah (13221030).pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model mind mapping (peta pikiran) dengan aplikasi mindomo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palembang tahun ajaran 2017/2018 yang tersebar di tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan kategori posttest-only control design yang melibatkan 36 siswa kelas X.TKJ2 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X.AK2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni tes. Dari penelitian diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 82,08 dan kelas kontrol 70,28. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung =2,2385 dan t tabel =1,9967 . Data ini menunjukkan bahwa t hitung >t tabel , maka H o ditolak dan H a diterima. Maka terdapat keefektifan penggunaan model mind mapping (peta pikiran) dengan aplikasi mindomo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Kata Kunci: Model Mind Mapping (Peta Pikiran), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:12
Last Modified: 14 Feb 2019 08:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item