PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MIN 1 BANGKA

Purwati, Galu (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MIN 1 BANGKA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI GALU FIXS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran fiqih sebelum menerapkan pendekatan saintifik di MIN 1 Bangka, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran fiqih sesudah menerapkan pendekatan saintifik di MIN 1 Bangka, (3) Adakah pengaruh penerapan pendekatan santifik terhadap hasil belajar siswa kelas IV pembebelajaran fiqih di MIN 1 Bangka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran fiqih sebelum menerapkan pendekatan saintifik nilai kategori tinggi diperoleh 70 dengan persentase 7,5%, nilai kategori sedang antara (47 s/d 70) dengan persentase 75% dan kategori rendah 47 dengan persentase 17,5%. (2) Hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran fiqih sesudah menerapkan pendekatan saintifik saintifik nilai kategori tinggi diperoleh sebesar 90 dengan persentase 25%, nilai kategori sedang antara (73s/d 90) dengan persentase 65% dan nilai kategori rendah 73 dengan persentase 10%. Sehingga dapat kita katakan bahwa penerapan metode pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran fiqih di MIN 1 Bangka memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus Independent sample t-test menunjukkan bahwa Ha dterima karena nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,005. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pendekatan saintifik dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih kelas IV di MIN 1 Bangka. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: GALU PURWATI 1930201146
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:52
Last Modified: 16 Oct 2023 01:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30351

Actions (login required)

View Item View Item