Strategi Penguatan Peran dan Fungsi Perpustakaan Sekolah Melalui Kelas Literasi Di SMA Sumatera Selatan Palembang

Lorenza, Dina (2023) Strategi Penguatan Peran dan Fungsi Perpustakaan Sekolah Melalui Kelas Literasi Di SMA Sumatera Selatan Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover dina.docx

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
bab 1 dina.docx
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2 dina.docx
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 dina.docx
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 dina.docx
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5 dina.docx
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (18kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Penguatan Peran dan Fungsi Perpustakaan Sekolah Melalui Kelas Literasi di SMA Negeri Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan kelas literasi hingga ke dampak kelas literasi terhadap peran dan fungsi perpustakaan di SMA Negeri Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan memperoleh informasi melalui wawancara yang dilakukan dengan informan yaitu Guru, Pustakawan dan siswa di SMA Negeri Sumatera Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan kelas literasi yang dilakukan di SMA Negeri Sumatera Selatan sudah dilaksanakan melalui program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dengan menanamkan karakter membaca pada siswa melalui dua tahap yaitu tahap pembiasaan dan tahap pengembangan. Kemudian penelitian ini juga mengetahui dampak dari kelas literasi terhadap peran dan fungsi perpustakaan di SMA Negeri Sumatera Selatan yang mana dampak tersebut dapat dilihat dari indikator gemar membaca yaitu kegiatan literasi saat mulai menanamkan rasa senang, kebutuhan bacaan dan tindakan untuk mencari bacaan. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini juga diketahui strategi yang digunakan pustakawan dalam meningkatkan kelas literasi dan minat baca siswa adalah dengan melakukan promosi perpustakaan, memenuhi kebutuhan pemustaka, dan pemberian hadiah atau reward bagi pengunjung yang rajin berkunjung dan membantu pemustaka lain untuk mencari bahan bacaan di perpustakaan SMA Negeri Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Perpustakaan, Kelas Literasi
Subjects: Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: DINA LORENZA 1710403007
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:34
Last Modified: 06 Sep 2023 01:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30450

Actions (login required)

View Item View Item