Pengembangan E-Book Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatih Kemampuan Penalaran Siswa SMP N 4 Kayu Agung

Marsharahani, Chery (2023) Pengembangan E-Book Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatih Kemampuan Penalaran Siswa SMP N 4 Kayu Agung. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar media pembelajaran matematika yaitu e-book (buku elektronik) pada pembelajaran garis dan sudut di kelas VII di SMP Negeri 4 Kayu Agung yang memenuhi kriteria valid, praktis dan apakah memiliki efek potensial hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analisis (analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Validasi e-book ini dilakukan oleh tiga validator, ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Kepraktisan e-book ini diuji pada tiga puluh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kayu Agung. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi e-book, lembar kepraktisan e-book, dan tes soal hasil belajar siswa. semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan apakah memiliki efek potensial hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-book dengan materi garis dan sudut di kelas VII SMP Negeri 4 termasuk dalam kategori sangat valid yang memiliki rata-rata 89%. Untuk kepraktisan e-book termasuk dalam kategori sangat layak yang memiliki rata-rata 91% dan untuk hasil belajar siswa memiliki rata-rata 80,13% dengan persentase ketuntasan 83,3% dengan kategori sangat baik dan memiliki efek potensial hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, E-book, Garis dan Sudut.
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:14
Last Modified: 06 Sep 2023 01:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item View Item