Marsharahani, Chery (2023) Pengembangan E-Book Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatih Kemampuan Penalaran Siswa SMP N 4 Kayu Agung. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar media pembelajaran matematika yaitu e-book (buku elektronik) pada pembelajaran garis dan sudut di kelas VII di SMP Negeri 4 Kayu Agung yang memenuhi kriteria valid, praktis dan apakah memiliki efek potensial hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analisis (analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Validasi e-book ini dilakukan oleh tiga validator, ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Kepraktisan e-book ini diuji pada tiga puluh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kayu Agung. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi e-book, lembar kepraktisan e-book, dan tes soal hasil belajar siswa. semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan apakah memiliki efek potensial hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-book dengan materi garis dan sudut di kelas VII SMP Negeri 4 termasuk dalam kategori sangat valid yang memiliki rata-rata 89%. Untuk kepraktisan e-book termasuk dalam kategori sangat layak yang memiliki rata-rata 91% dan untuk hasil belajar siswa memiliki rata-rata 80,13% dengan persentase ketuntasan 83,3% dengan kategori sangat baik dan memiliki efek potensial hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, E-book, Garis dan Sudut. |
Subjects: | 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FITK |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 01:14 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 01:14 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30452 |
Actions (login required)
View Item |