PEMBENTUKAN KONSEP DIRI DALAM AJANG PEMILIHAN BUJANG GADIS KAMPUS TERHADAP FINALIS PAGEANT (Studi Pada 5 Kampus di Kota Palembang)

Karmila, Eka Putri (2023) PEMBENTUKAN KONSEP DIRI DALAM AJANG PEMILIHAN BUJANG GADIS KAMPUS TERHADAP FINALIS PAGEANT (Studi Pada 5 Kampus di Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Eka Putri Karmila 1930701045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Usia remaja di angka 18-21 tahun yang tergolong usia mahasiswa, kebanyakan masih terombang-ambing tanpa memiliki arah dan tujuan yang benar. Itulah sebagian mahasiswa mulai mengembangkan diri melalui ajang pemilihan Bujang Gadis Kampus yang merupakan duta dari masing-masing kampus tersebut yang menjadikan wadah untuk mahasiswa mengembangkan dan menambah wawasan mereka. Banyaknya perubahan yang terjadi pada para anggota terhadap dirinya setelah mengikuti pemilihan pageant kampus baik secara sikap, perilaku, penampilan, maupun konsep diri yang membuat mereka semakin percaya diri dan lebih mengapresiasi dirinya sendiri yang membuat peneliti ingin mengetahui mengenai penanaman konsep diri yang ada di dalam anggota pageant kampus di kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembentukan konsep diri pada ajang pemilihan Bujang Gadis Kampus terhadap finalis Pageant (Studi Pada 5 Kampus Kota Palembang) serta faktor pendukung dan penghambat yang ada didalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan teori konsep diri (self concept) dengan 15 informan dari 5 kampus yang menjadi objek penelitian. Hasil dari penelitian ini melihat bagaimana pembentukan konsep diri yang dilakukan pada saat masa pemilihan Bujang Gadis Kampus di kota Palembang pada para finalis pagent. Dalam pembentukan konsep diri tersebut terdapat 2 faktor yaitu faktor pendukung yang didapat melalui dukungan dan lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurang percaya diri dan juga stress mental yang dialami para finalis Bujang Gadis Kampus tersebut. Kata Kunci: Finalis, Pageant, Perempuan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:25
Last Modified: 11 Sep 2023 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30567

Actions (login required)

View Item View Item