IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK LANSIA BERDASARKAN PP NOMOR 43 TAHUN 2004 DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA DI PANTI HARAPAN KITA KOTA PALEMBANG

Febriyanti, Rika (2023) IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK LANSIA BERDASARKAN PP NOMOR 43 TAHUN 2004 DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANSIA DI PANTI HARAPAN KITA KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

ABSTRAK Pemenuhan lansia bahwa yang berkewajiban memberikan pemenuhan hak-hak pelayanan (memelihara kemaslahatan) kepada orang tua lanjut usia adalah anak atau keluarga dekat, jika orang tua lanjut usia tidak memiliki anak dan keluarga dekat, maka mereka menjadi tanggung jawab negara dalam hal memilihara kemaslahatan dalam pemenuhan hak-hak orang tua lanjut usia tersebut. Pemenuhan hak lanjut usia berdasarkan PP nomor 43 tahun 2004 dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia. Maka, isi dalam PP tersebut sudah jelas pemerintah mengatur dan menerapkan jaminan terhadap hak-hak apa saja yang diperoleh lansia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis data kualitatif yaitu mengemukakan, menggambarkan, mengguraikan seluruh permasalahan yang ada dalam pokok masalah secara tegas dan jelas berkaitan dengan permasalahan implementasi pemenuhan hak-hak lansia. Sumber data yang digunakan ialah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara, data sekunder yang berupa dokumentasi seperti buku, jurnal, makalah, laporan penelitian dan sebagainya, data tersier yang berupa kamus besar bahasa indonesia, ensiklopedia, internet dan sebagainya yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan 1) Implementasi pemenuhan hak-hak lansia berdasarkan PP Nomor 43 Tahun 2004 dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial lansia khususnya di panti harapan kita kota palembang dalam penerapan pemenuhan hak-hak lansia telah cukup memadai meskipun masih ditemukan beberapa keluh kesah para lansia seperti kurangnya perhatian dalam hal kesehatan dan aktivitas atau kegiatan sehari-hari, hal ini diluar penyediaan kebutuhan atau pelayanan sebagaimana tercantum dalam PP Nomor 43 Tahun 2004. 2) Selanjutnya terkait mengenai Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pemenuhan hak-hak lansia berdasarkan PP Nomor 43 tahun 2004 dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia di panti sosial harapan kita kota palembang ialah pemberdayaan lansia mengacu pada upaya mengembangkan daya (potensi) individu maupun kolektif penduduk lansia sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbagai aktivitas, baik sosial, ekonomi, maupun politis. Kata Kunci : Implementasi Kesejahteraan Sosial Lansia, Pemenuhan Hak-hak Lansia, Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2004 Tentang Kesejahteraan Sosial Lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi Kesejahteraan Sosial Lansia, Pemenuhan Hak-hak Lansia, Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2004 Tentang Kesejahteraan Sosial Lansia.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: RIKA FEBRIYANTI 1910101010
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:04
Last Modified: 13 Sep 2023 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30697

Actions (login required)

View Item View Item