PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MEDIA MASSA RADIO REPUBLIK INDONESIA TERHADAP PEMANGGILAN TERGUGAT YANG GHAIB PADA PERKARA CERAI GUGAT (Studi Perkara Pengadilan Agama Kelas 1 A Palembang)

Monvero, Agil (2023) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MEDIA MASSA RADIO REPUBLIK INDONESIA TERHADAP PEMANGGILAN TERGUGAT YANG GHAIB PADA PERKARA CERAI GUGAT (Studi Perkara Pengadilan Agama Kelas 1 A Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover agil.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK agil.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
bab 1 agil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II agil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III agil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV agil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V agil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA agil.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul dalam penelitian ini adalah Problematika Penggunaan Media Massa Radio Republik Indonesia Terhadap Pemanggilan Tergugat yang Ghaib Pada Perkara Cerai Gugat (studi perkara Pengadilan Agama Kelas I A Palembang) pemanggilan ghaib masih menggunakan media massa dengan perkembangan zaman yang berkembang secara modern masyarakat sudah beralih ke media yang terbaru seperti website, whatsapp dan facebook. Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) mekanisme pemanggilan pihak tergugat yang ghaib pada perkara cerai gugat di Pengadilan Agama Kelas 1 A Palembang. (2) dampak pemanggilan tergugat ghaib pada perkara cerai gugat di Pengadilan Agama Kelas 1 A Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analisis. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mendeskripsikan masalah yang ada. Kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini berkesimpulan problematika yang dihadapi oleh Jurusita Pengadilan Agama Kelas 1 A Palembang saat menangani kasus cerai ghaib yaitu hanya sedikit pihak yang datang ke persidangan setelah melakukan pemanggilan melalui Radio Republik Indonesia (RRI). Dengan jarak waktu yang lama antara pengumuman pertama dengan kedua hanya satu bulan. Dampak yang timbul dari pemanggilan ini ialah tidak terpenuhinya hak-hak tergugat untuk memberikan jawaban atau penjelasan terhadap dalil gugatan penggugat. Kata Kunci : Cerai Gugat, Media Massa, Panggilan Ghaib.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: AGIL MONVERO 1920101052
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:43
Last Modified: 20 Sep 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/30847

Actions (login required)

View Item View Item