SAGITA YOLANDA AFITHSA, NIM. 13210241 (2018) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK RANAH AFEKTIF GURU PAI DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SAGITA YOLANDA AFITHSA (13210241).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul, “Pelaksanaan Penilaian Autentik Ranah Afektif Guru PAI di SMP Negeri 3 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni permasalahan pelaksanaan penilaian autentik ranah afektif yang dilakukan guru PAI. Dari latar belakang yang telah diuraikan, terdapat beberapa masalah yang terjadi dilapangan, sehingga peneliti merumuskan masalah dari penelitian ini yaitu: Pelaksanaan penilaian autentik ranah afektif pada guru PAI dan faktor yang menjadi kendala dalam melaksanakannya? Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini data yang diperoleh terbagi ke dalam dua jenis data yakni data primer berupa kata-kata yang diucapkan serta perilaku yang ditunjukkan oleh subjek penelitian. Adapun yang kedua data sekunder yakni berupa dokumen-dokumen grafis (tabel, catatan, grafik, dll), foto-foto, beserta rekaman video yang mendukung data primer. Sumber data dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling, sehingga didapati key informan dalam penelitian ini yaitu waka kurikulum, adapun informannya yakni guru PAI. Subjek penelitian dalam penelitian ini diantaranya Waka Kurikulum (1 orang), guru mata pelajaran PAI (4 orang) serta (3 orang) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan tahap penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing). Teknik analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, hingga datanya jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui pelaksanaan penilaian autentik pada ranah afektif sudah dilaksanakan oleh guru-guru PAI di SMP Negeri 3 Palembang. Perencanaan penilaian sikap berdasarkan kurikulum 2013 yang telah dirumuskan didalam RPP tidak semuanya dapat dilaksanakan. Hal ini dikarenakan penilaian terhadap aspek pengatahuan masih menjadi penilaian pokok terhadap siswa. Sehingga penilaian pada kompetensi sikap hanya dilakukan jika alokasi waktu serta situasi dan kondisi yang mendukung. Beberapa kendala yang sering dijumpai atau ditemui ialah (1) kurangnya arsip dokumen terkait dari masing-masing teknik penilaian, (2) penilaian belum dilakukan secara berkesinambungan, (3) kurangnya alokasi waktu dan (4) beban tugas mengajar yang besar. Kata Kunci : Penilaian Autentik, Ranah Afektif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:19 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:19 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3104 |
Actions (login required)
View Item |