Juniarni, Reza (2023) Pengaruh Penerapan Video Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Aplikasi Plotagon Terhadap Hasil Belajar Di SMA Muhammadiyah 02 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal di kelas X.IPA 1 SMA Muhammadiyah 2 Palembang, terdapat permasalahan mengenai suatu problem yang dialami guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar yaitu hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan kurangnya pemahaman siswa mengenai mata pelajaran Aqidah Akhlak. Maka dari itu diperlukan solusi dengan penggunaan video pembelajaran berbasis aplikasi plotagon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan video pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMA Muhammadiyah 02 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest, Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan rumus paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya video pembelajaran berbasis aplikasi plotagon. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya siswa yang masuk kepada kategori nilai tinggi, yang sebelumnya hanya 8,34% menjadi 33,33%. Selain itu, rata-rata keseluruhan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya hanya 76 menjadi 89. Hasil inipun didukung dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05. Jika nilai Sig. (2 tailed) < 0.05, yaitu 0.00 < 0,05 maka Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan video pembelajaran berbasis aplikasi plotagon dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Plotagon, Hasil Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | REZA JUNIARNI 1930202208 |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 02:37 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 02:37 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31102 |
Actions (login required)
View Item |