PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN SAMBEL SERAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KWT NANAS BUNGGARAN KELURAHAN GUNUNG KEMALA KECAMATAN PRABUMULIH BARAT)

-, MARINI (2023) PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN SAMBEL SERAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KWT NANAS BUNGGARAN KELURAHAN GUNUNG KEMALA KECAMATAN PRABUMULIH BARAT). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
caver.docx arini baru.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah salah satu usaha yang menjadi pergerak yang kursial bagi pembangunan dan pertumbuhan perekonomian di banyak negara, peran dan andil UMKM dalam perekonomian nasional terbilang startegis bila dilihat dari unit usahanya yang mendominasi yang dapat mendorong tingginya penyerapan tenaga kerja, dan juga berperan dalam mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Pemerintah berinisiatif menangani masalah kemiskinan di Indonesia yaitu dengan membentuk lembaga yang diberikan kepada kaum wanita. Yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan kelompok tani yang memberdayakan tenaga kerja wanita untuk berpatisipasi dalam berbagai hal mulai dari pemanfaaatan lahan perkarangan dan pemanfaatan hasil sumber daya lokal berupa produk pangan (kuliner) atau non pangan yang bahan bakunya dari hasil panen yang dapat dijual dan dikembangkan ke pasar yang lebih luas. sehingga dapat berperan dalam meningkatkan produk-produk olahan UMKM lokal yang berasal dari pertanian Dan mampu mendukung peningkatan maupun perolehan pendapatan rumah tangga pertanian pendesaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pegumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi melalui sumber data primer dan sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui pengembangan produk olahan sambel serai pada KWT Nanas Bunggaran, 2). Untuk Mengetahui bagaimana peran KWT nanas bunggaran terhadap Perekonomian masyarakat Kelurahan Gunung Kemala Kecamatan Prabumulih Barat, 3). Untuk mengetahui Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap Pengembangan produk olahan sambel serai pada KWT Nanas Bunggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk olahan sambel serai pada kwt nanas bunggaran belum berkembang dengan baik dilihat dari indikator usaha dan riset produk berdasarkan hasil data wawancara. Namun kwt nanas bunggaran telah berkontribusi serta berperan dalam perekonomian masyarakat seperti menciptakan lapangan pekerjaan dan mnyediakan kesempatan untuk perempuan dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Jika di tinjau berdasarkan sisi ekonomi islam Pengembangan produk olahan sambel serai pada KWT Nanas Bunggaran sudah sesuai dengan kaida ekonomi islam mulai dari produk yang halal,kualitas produk, proses produksi, modal, tempat, bahan baku dan manfaat produknya. Kata Kunci: UMKM, KWT, Pengembangan Produk, Tinjauan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: MARINI 1920602094
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:19
Last Modified: 09 Oct 2023 07:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31494

Actions (login required)

View Item View Item