BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN METODE KISAH QUR’ANI UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS LANSIA DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA (PSLU) HARAPAN KITA PALEMBANG

Dwi, Ade (2023) BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN METODE KISAH QUR’ANI UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS LANSIA DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA (PSLU) HARAPAN KITA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Bimbingan Konseling Islam Dengan Metode Kisah Qurani Untuk Meningkatkan Religiusitas Lansia DI Panti Sosial Lanjut Usia (PSLU) Harapan Kita Palembang”. Penuaan merupakan suatu hal yang mutlak, maka hendaknya lansia lebih meningkatkan religiusitas dimasa tuanya. Perkembangan filosofis keagamaan yang baik dapat membuat lansia lebih tenang dalam menghadapi kenyataan hidup, berperan aktif dalam kehidupan dan merasa berharga atas kehidupan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran religiusitas lansia dan untuk mengetahui penerapan Bimbingan Konseling Islam dengan metode Kisah Qur’ani untuk meningkatkan religiuusitas lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kisah Qur’ani digunakan untuk meningkatkan religiusitas lansia. Tujuan memilih metode Kisah Qur’ani karena metode ini mudah untuk dipahami, digambarkan sendiri berdasarkan hasil pemahaman individu, dan mudah menyentuh hati. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya kegiatan bimbingan konseling yang berbasis kelompok tingkat religiusitas lansia masih rendah dilihat dari kegiatan ritual atau ibadah lansia, minat lansia untuk mempelajari, mengamalkan, dan percaya terhadap nilai-nilai keagamaan. Proses bimbingan kelompok dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan 4 tahapan. Setelah proses bimbingan kelompok dengan metode Kisah Qur’ani subjek menunjukkan perubahan mereka menyadari pentingnya nilai-nilai keagamaan terkhusus di masa lansia. Religiusitas lansia terdapat perubahan ke arah lebih baik dalam segi ibadah maupun perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Kisah, Metode Kisah Qur’ani, Religiusitas.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: ADE DWI MARIA NINGSIH
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:00
Last Modified: 24 Oct 2023 01:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31507

Actions (login required)

View Item View Item