STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA HOME INDUSTRI “PEMPEK MAMA AYA CORNER” TALANG BETUTU PALEMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

AFRIYANI, NOVITA (2023) STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA HOME INDUSTRI “PEMPEK MAMA AYA CORNER” TALANG BETUTU PALEMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVERNOVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAKNVTA22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 NOVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 NOVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 NOVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 NOVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
DAPUSNOVITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam peningkatan PDB (Produk Domestik Bruto) dan penyerapan tenaga kerja. Dalam mengembangkan UMKM, Strategi pemasaran menjadi penting untuk diperhatikan. Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha untuk memberitahu serta mengenalkan produk yang dijual, diperlukan strategi yang tepat agar mencapai tujuan perusahaan yaitu mengembangkan usaha lebih besar dan memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran yang baik tentu harus memperhatikan produk, harga, tempat usaha dan promosi agar produk yang diberikan pada konsumen memiliki kualitas yang baik serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Home Industri Pempek Mama Aya merupakan salah satu UMKM yang menerapkan strategi pemasaran yang baik. Dalam penelitian ini masalah umum yang dikemukakan adalah 1. Apa Saja Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Home Industri “Pempek Mama Aya Corner” Talang Betutu Palembang? 2. Bagaimana Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Home Industri “Pempek Mama Aya Corner” Talang Betutu Palembang Dalam Perspektif Ekonomi Islam?. Jenis penelitian ini mengunakan metode penelitian Kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memberikan gambaran tentang fenomena yang terjadi saat ini. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles and Huberman, mulai dari reduksi data, penyajian data verifikasi, hingga penyimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Industri Pempek Mama Aya memiliki strategi pemasaran dalam usahanya. Strategi tersebut adalah, strategi marketing yang terdiri dari strategi produk, strategi promosi, strategi harga, strategi distribusi. Kemudian, memberikan pelayanan yang ramah dan menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, memberikan potongan harga yang dilakukan pada hari-hari tertentu, melengkapi sertifikasi halal serta izin usaha, dan memberikan tampilan produk yang baik. 2) Ditinjau dari perspektif strategi pemasaran Islami, Pempek Mama Aya selain menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran konvensional, juga menerapkan strategi pemasaran Islami yaitu mencontoh praktik pemasaran dan sifat Nabi Muhammad saw., seperti yang pertama, adalah Siddiq (Jujur, Benar) bahwa kunci untuk segala aturan dalam hidup ini adalah kejujuran. Kedua adalah Amanah (Dapat Dipercaya) bahwa untuk mendapatkan kepercayaan maka kejujuran adalah pembukanya. Ketiga adalah Fathanah (Cerdas) bahwa dalam hidup di dunia ini hendaknya senantiasa kita gunakan kecerdasan untuk senantiasa terus berinovasi, menghasilkan kreatifitas yang baru untuk memberi manfaat yang lebih besar lagi. Keempat adalah Tabligh (komunikatif) bahwa membangun komunikasi yang baik merupakan modal penting yang perlu dimiliki bagi manusia sebagai makhluk sosial, begitu juga dalam dunia bisnis, maka komunikasi yang aktif, respon yang positif sudah sangat baik diterapkan oleh Pempek Mama Aya, baik pada toko/outlet dan online.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : UMKM, Strategi, Pemasaran, Industri Pempek Mama Aya
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: NOVITA AFRIYANI 1910602007
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:02
Last Modified: 10 Oct 2023 06:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31527

Actions (login required)

View Item View Item