Analisis Strategi Marketing Mix Syariah Pada Rumah Makan Ponorogo di Desa Srikencana Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur

Yani, Nurma (2023) Analisis Strategi Marketing Mix Syariah Pada Rumah Makan Ponorogo di Desa Srikencana Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YANI FIX JILID.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sektor makanan menempati posisi pertama jumlah IMK (Industri Mikro Kecil) nasional di Indonesia yang jumlahnya mencapai 4,21 juta unit usaha. Namun, meskipun demikian masih banyak pemilik usaha sektor makanan yang terus mengalami penurunan. Oleh karena itu diperlukanlah suatu analisis marketing yang tepat untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan analisis marketing mix syariah. Dalam marketing mix syariah, terdapat beberapa elemen yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), dan Process (proses). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing mix yang dijalankan oleh rumah makan Ponorogo dan apakah strategi marketing tersebut sudah sesuai dengan konsep marketing mix syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di rumah makan Ponorogo di Desa Srikencana Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 3 (tiga) tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil observasi yang dilakukan terdapat 6 rumah makan besar dan rumah makan Ponorogo menjadi sampel dalam penelitian ini. Dari hasil wawancara, rumah makan Ponorogo adalah rumah makan dengan omset paling tinggi dari rumah makan lainnya. Namun, meskipun omsetnya lebih tinggi dari rumah makan lainnnya, omset rumah makan Ponorogo juga mengalami naik turun dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun demikian, hampir setiap hari rumah makan ini tidak pernah sepi pelanggan. Hal inilah yang membuat peneliti ingin menganalisis apakah marketing mix yang dilakukan rumah makan Ponorogo sudah sesuai dengan marketing mix syariah. Dari hasil proses analisis yang dilakukan, secara umum marketing mix yang diterapkan oleh rumah makan Ponorogo sudah sesuai dengan Kriteria Konsep Pemasaran Islam (Halal Produk, Penetapan Harga Yang Flexibel, Tempat Yang Bersih, Nyaman, Dan Memadai, Jujur Dalam Melakukan Promosi Produk, Tidak Ada Paksaan (Ikrah), serta Menjaga Kualitas dan Kuantitas Produk). Hanya saja perlu diperhatikan lagi dalam strategi people. Dengan adanya sistem marketing mix, diharapkan dapat membantu pedagang untuk mengidentifikasi strategi yang tepat untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, marketing mix syariah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: NURMA YANI 1920602114
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:13
Last Modified: 11 Oct 2023 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31536

Actions (login required)

View Item View Item