PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP EKONOMI KERAKYATAN MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA DI KEMANG INDAH KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Aprizah, Dinda Nur (2023) PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP EKONOMI KERAKYATAN MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA DI KEMANG INDAH KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Caverrrr.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Dapus.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Abstrak Desa memiliki banyak potensi tidak hanya dari segi jumlah penduduk, tetapi juga ketersediaan sumber daya alam yang melimpah. Jika kedua potensi ini bisa dikelola dengan maksimal, maka akan memberikan kesejahteraan dan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi penduduk Desa. Namun fakta yang ditemukan peneliti dilapangan bahwa BUMDes Arto Moro Desa Kemang Indah belum adanya program yang menekan pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan sehingga pelayanan BUMDes belum mampu dirasakan Masyarakat secara merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dan untuk mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap ekonomi kerakyatan melalui BUMDes. Dimana masih banyak peran BUMDes yang belum berperan sesuai dengan semestinya. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana peran BUMDes dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, serta bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap ekonomi kerakayatan melalui badan usaha milik Desa (BUMDes). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Data primer diluhat dari arsip-arsip Desa serta Jurnal-jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Sedangkan data sekunder di dapat dari wawancara dengan 10 narasumber. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa BUMDes Arto Moro di Desa Kemang Indah sudah cukup berperan dan mampu bekerjasama hanya saja belum dapat dikatakan maksimal. Hal ini karena BUMDes masih banyak kendala yaitu kurangnya modal, dan pengetahuan masyarakat dalam pengeloaan usaha BUMDes. Sedangkan dalam pandangan islam, masyarakat Desa Kemang Indah dapat dikatakan sejahtera karena telah memenuhi kebutuhan al-dharuriyyah (primer), al-hajjiyyah (sekunder) dan al-thsaniyyah (pelengkap).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Ekonomi Islam, Ekonomi Kerakyatan
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: DINDA NUR APRIZAH 1920602112
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:23
Last Modified: 12 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31553

Actions (login required)

View Item View Item