Nilai – Nilai Filosofis Tradisi Betangas Pada Calon Pengantin Sebelum Acara Hari Pernikahan (Studi di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin)

Novita Aulia, Novita Aulia (2023) Nilai – Nilai Filosofis Tradisi Betangas Pada Calon Pengantin Sebelum Acara Hari Pernikahan (Studi di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin). Nilai – Nilai Filosofis Tradisi Betangas Pada Calon Pengantin Sebelum Acara Hari Pernikahan (Studi di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin). (Submitted)

[img]
Preview
Text
Jurnal Novita Aulia fiks jadi.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana nilai – nilai filosofis tradisi betangas pada calon pengantin sebelum acara hari pernikahan (Studi di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin). Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu Pertama, bagaimana prosesi pelaksanaan tradisi betangas bagi calon pengantin perempuan sebelum pernikahan di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Kedua, apa nilai – nilai filosofis yang terkandung dalam tradisi betangas bagi calon pengantin perempuan sebelum pernikahan di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), jenis dan data yang digunakan adalah kualitatif yaitu mendapatkan bagaimana nilai – nilai filosofis tradisi betangas pada calon pengantin sebelum acara hari pernikahan. Dan mendapatkan apa saja nilai – nilai filosofis yang terkandung dalam tradisi betangas bagi calon pengantin perempuan sebelum acara hari pernikahan. Sumber data primer dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dengan informan, informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Perangkat Desa, Masyarakat Setempat yang ada di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, sumber data sekunder yaitu data yang diambil secara tidak langsung dari sumbernya yang berasal dari kepustakaan, dokumentasi, dan lain – lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, adapun prosesi pelaksanaan tradisi betangas bagi calon pengantin perempuan sebelum pernikahan di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin dilakukan sehari sebelum pernikahan, dengan menggunakan bahan rempah-rempah yang sudah direbus kemudian calon pengantin wanita duduk di tempat yang telah disediakan (duduk di bangku yang telah di lingkari tikar atau gulungan tikar dan di atas kepala ditutupi kain) hingga ia merasakan cukup panas dan barulah selesai. Nilai- nilai filosofis yang terkandung dalam tradisi betangas bagi calon pengantin perempuan sebelum pernikahan di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin sebagai wujud dari kepatuhan dalam melestarikan kebiasaan nenek moyang, dan juga sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas yang telah ditakdirkan, serta menjadi doa bagi keluarga untuk mempelai wanita dalam menempuh kehidupan berumah tangga yang sejahtera, dan pada tradisi betangas diartikan sebagai penyucian atau pembersihan diri, dan sebagai simbol kesiapan untuk mempelai wanita dalam menghadapi pernikahan. Kata kunci: Betangas, Filosofis, Pernikahan

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: NOVITA AULIA 1930302077
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:23
Last Modified: 12 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31563

Actions (login required)

View Item View Item